Iklan dempo dalam berita

Bukan Hanya Sekedar Fenomena Alam! Ini Penyebab Terjadinya Petir Menurut Islam

Bukan Hanya Sekedar Fenomena Alam! Ini Penyebab Terjadinya Petir Menurut Islam

Bukan Hanya Sekedar Fenomena Alam! Ini Penyebab Terjadinya Petir Menurut Islam--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Bukan hanya fenomena alam! ini penyebab terjadinya petir menurut Islam.

Selain sekadar menjadi fenomena alam yang memukau, petir juga memiliki makna dan penjelasan yang mendalam menurut perspektif keagamaan, khususnya dalam Islam. 

BACA JUGA:Ada Pandangan Unik Tentang Orang Tersambar Petir Menurut Islam? Cek Doa Agar Terhindar dari Petir di Sini

Bukan hanya sebagai gejala cuaca yang menakutkan, petir dipandang sebagai salah satu tanda kebesaran Allah SWT dan dianggap sebagai manifestasi dari kekuasaan-Nya yang luar biasa. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih lanjut tentang pemahaman Islam terhadap penyebab terjadinya petir, serta bagaimana pemahaman ini dapat memberikan wawasan yang berharga bagi kita semua. Ayo, mari kita telusuri lebih dalam tentang fenomena petir menurut Islam.

BACA JUGA:Sudah Ada Korban, Apa Penyebab Petir Menyambar Rumah? Begini Penjelasannya

Dalam ilmu fisika, petir atau kilat dianggap sebagai salah satu hasil dari fenomena alami yang tak terhindarkan dalam atmosfer Bumi.

Petir terjadi ketika muatan listrik, baik positif maupun negatif, terlepas dari awan, menciptakan percikan yang menyala di langit. 

Dalam Al-Qur'an, kita menemukan ayat-ayat yang menggambarkan peristiwa alam, termasuk cuaca yang bisa menjadi rahmat atau azab, sebagai bagian dari keajaiban ciptaan Allah.

Petir dipandang sebagai salah satu kebesaran Allah Ta'ala, bahkan disebutkan dalam nama surat di Al-Quran, yakni surat ar-Ra'du.

Dalam Al-Qur'an, ada setidaknya tiga istilah yang mengacu pada petir, seperti ar-ra'du, ash-shawa'iq, dan al-barq. 

BACA JUGA:Benarkah Petir Bisa Menyambar HP dan Apa Penyebabnya? Simak Penjelasannya di Sini

Dr. Muhammad Luqman As Salafi, seorang ahli tafsir, menjelaskan bahwa ar-ra'du lebih merujuk pada suara petir atau gemuruhnya.

Sedangkan ash-shawa'iq dan al-barq lebih menggambarkan kilatan cahaya petir yang muncul sesaat sebelum suara gemuruhnya terdengar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: