Iklan dempo dalam berita

Mana Lebih Dulu, Telur atau Ayam? Begini Jawaban Gus Baha Menurut Pandangan Islam

Mana Lebih Dulu, Telur atau Ayam? Begini Jawaban Gus Baha Menurut Pandangan Islam

Mana Lebih Dulu, Telur atau Ayam? Begini Jawaban Gus Baha Menurut Pandangan Islam--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Pertanyaan mana lebih dulu telur atau ayam masih menjadi perdebatan saat ini. Namun simak jawaban gus-baha tentang mana lebih dulu telur atau ayam menurut pandangan islam.

Di balik cerita lucu dan tawa yang mungkin muncul ketika kita mendengar pertanyaan klasik ini, “Mana yang duluan, telur ayam atau ayam?” sebenarnya terselip kompleksitas ilmiah yang menarik. Pertanyaan ini telah memicu perdebatan filosofis dan ilmiah selama berabad-abad, dan jawabannya tergantung pada sudut pandang yang diambil.

BACA JUGA:Rezeki Mengalir Deras dan Semua Keinginan Terkabul, Kata Gus Baha Rutin Kerjakan Amalan Ini

Meskipun masih menjadi misteri dan tidak ada jawaban yang pasti, beberapa argumen telah diajukan untuk mencoba menjawabnya.

Bagi Gus Baha, ulama kharismatik asal Rembang Jawa Tengah persoalan mana dulu antara ayam atau telur ia memiliki jawaban tersendiri dan masuk akal. "

Ketika ayam mengeluarkan telur, telur kemudian menjadi ayam lagi, terus kita berdebat telur sama ayam duluan mana?," kata Gus Baha seperti yang diunggah dalam short youtube, akun @khairazzaadittaqwa.

BACA JUGA:Gus Baha Ajarkan Amalan Agar Rezeki Mengalir Deras Hingga ke Anak Cucu, Coba Amalkan

Dalam kesempatan tersebut Gus Baha menanyakan hal tersebut kepada peserta pengajian. "Menurut Anda pilih mana? ayam? telur? ayam lahir dari telur," kata Gus Baha.

"Pertanyaannya begini kalau menurut tauhid, ketika lazim kalau telur itu nanti suatu saat jadi ayam, terus ayam kemudian lazim mengeluarkan telur ketika Anda mengatakan mungkin, kontribusi Anda terhadap kemungkinan itu apa?," ujarnya.

"Kan sama, Anda tidak ikut menjeda mungkin. Kamu itu hanya saksi makanya pertanyaannya Allah ketika itu kamu anggap mungkin, kontribusi Anda itu apa?," tambahnya.

BACA JUGA:Gus Baha Tidak Salat Tarawih Satu Bulan Penuh Saat Ramadan, Ternyata ini Alasannya

"Kan hanya melihat, kamu sendiri tetap tidak mampu bikin telur Anda juga tidak mampu bikin ayam, artinya meskipun telur jadi ayam, ayam jadi telur sampai kiamat tetap ada kontribusi qudrahnya Allah Subhanahu Wa Ta'ala," tandasnya.

Seperti diketahui, dari jika ditilik dari perspektif biologi evolusioner, terdapat argumen bahwa telur muncul terlebih dahulu dalam sejarah evolusi, karena organisme lain seperti reptil telah menghasilkan telur jauh sebelum ayam modern berevolusi. Dengan kata lain, telur telah ada jauh sebelum munculnya ayam.

BACA JUGA:Gus Baha Ungkap Cara Merubah Uang Haram Menjadi Uang Halal, Ini yang Perlu Dilakukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: