Iklan dempo dalam berita

Lakukan Ini agar Puasa Anti Lemas, Simak juga Menu Sehat Santap Sahur

Lakukan Ini agar Puasa Anti Lemas, Simak juga Menu Sehat Santap Sahur

Ilustrasi. Ada beberapa yang bisa dilakukan agar tidak lemas saat menjalani ibadah puasa--

Rasa kenyang lebih lama saat berpuasa akan makin optimal jika menu sahur sehat dilengkapi dengan sumber makanan berserat. Serat membantu sistem pencernaan berjalan lebih lambat dalam memproses makanan yang dikonsumsi saat sahur.

Untuk kebutuhan serat, menu sahur sehat yang bisa dijadikan pilihan antara lain buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, gandum utuh, dan sereal.

3. Protein

Meski kedua kandungan di atas dianggap krusial, jangan lupakan peran nutrisi lain seperti protein. Protein membantu memperbaiki dan membangun jaringan tubuh dan membangun sistem kekebalan.

Protein sebagai menu sahur sehat bisa didapatkan dengan mengonsumsi ikan, ayam, daging merah, telur, susu dan produk olahannya, atau kacang-kacangan.

BACA JUGA:BUMN Buka Lowongan Pekerjaan, Pendidikan Minimal SMK, Cek Formasinya

4. Air

Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air selama puasa dengan minum air secukupnya saat sahur. Bukan sekadar saat sahur, minum air putih yang cukup selama jeda antara berbuka dan sahur juga direkomendasikan guna menghindari dehidrasi.

Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari

Jika sebelumnya disebutkan menu sahur sehat yang sebaiknya dikonsumsi, ada pula beberapa makanan dan minuman yang dianjurkan untuk tidak dikonsumsi saat sahur, yaitu:

1. Fast food

Hindari mengonsumsi makanan yang diproses dengan cepat (fast food) atau makanan yang diproses dengan cara digoreng. Makanan cepat saji memang dapat mengenyangkan, namun hanya untuk sementara. Selain itu, jenis makanan ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

BACA JUGA:Beli Motor Dibantu Rp 7 Juta untuk Pemilik KTP Ini, Buruan

2. Karbohidrat olahan

Makanan yang mengandung karbohidrat olahan juga sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi saat sahur. Karbohidrat olahan adalah produk biji-bijian atau gandum-ganduman yang telah diproses hingga kehilangan kandungan serat, vitamin, dan mineral di dalamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: