Iklan RBTV Dalam Berita

Nikmati Indahnya Laut! Ini 11 Cara Menghilangkan Mabuk Laut Terampuh

Nikmati Indahnya Laut! Ini 11 Cara Menghilangkan Mabuk Laut Terampuh

11 Cara Menghilangkan Mabuk Laut Terampuh--

Hindari bau yang menyengat, seperti asap rokok atau bau makanan yang tidak sedap. Bau yang tidak enak dapat memperburuk gejala mabuk laut.

BACA JUGA:Penting Banget untuk Disimak, Ini Tips Aman Mudik Naik Bus Lebaran 2024, agar Tenang dan Nyaman

10. Lakukan Kegiatan yang Mengalihkan Perhatian

Distraksikan diri Anda dengan mendengarkan musik, menghirup aromaterapi, atau tidur. Aktivitas ini dapat membantu mengurangi rasa pusing dan mual yang disebabkan oleh mabuk laut.

11. Beristirahat dengan Baik

Pastikan Anda beristirahat dengan cukup sebelum perjalanan. Tubuh yang kurang istirahat dapat meningkatkan sensitivitas terhadap gerakan kapal, sehingga meningkatkan risiko mabuk laut.

BACA JUGA:Jangan Sampai Gagal Mudik Lebaran 2024! Ini Perlengkapan Wajib Mudik Naik Bus yang Perlu Kamu Siapkan

Dengan menerapkan beberapa cara di atas, Anda dapat mengurangi gejala mabuk laut dan menikmati perjalanan Anda dengan lebih nyaman.

Mabuk laut seringkali timbul karena ketidakselarasan informasi yang diterima oleh tiga sistem pengatur utama dalam tubuh manusia. Ketika Anda berada di atas kapal laut, mata Anda tidak merasakan adanya gerakan karena pandangan Anda tetap dan stabil. 

BACA JUGA:Mudik Lebaran 2024 Anti Pusing! Ini Obat Mabuk Perjalanan Paling Ampuh di Apotek

Namun, sistem vestibular di telinga dalam Anda mampu mendeteksi gerakan kapal seperti akselerasi, perhentian, dan pergerakan lainnya. Ketidaksesuaian informasi antara mata dan sistem vestibular ini kemudian menyebabkan mabuk laut terjadi.

Secara keseluruhan, mabuk laut tidak dianggap sebagai penyakit yang spesifik karena sebenarnya setiap orang bisa mengalaminya. Namun, beberapa kelompok individu memiliki tingkat sensitivitas yang lebih tinggi terhadap mabuk laut.

BACA JUGA:9 Motor Matic Paling Nyaman untuk Jarak Jauh, Jangan Lupa Periksa Semua Komponen Agar Mudik 2024 Aman

Misalnya, wanita, wanita hamil, mereka yang terpengaruh oleh siklus menstruasi, pengguna kontrasepsi oral, penderita migrain, dan orang-orang dengan gangguan pada sistem vestibular.

Gejala awal mabuk laut biasanya dimulai dengan rasa mengantuk dan seringnya ingin menguap. Kemudian, gejala tersebut berkembang menjadi rasa lemas, mual, muntah, keringat berlebihan, produksi ludah yang meningkat, kulit pucat, dan perasaan dingin pada tangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: