Iklan dempo dalam berita

Membahayakan saat Berkendara, Sebenarnya Ini Penyebab Microsleep dan Cara Mengatasinya

Membahayakan saat Berkendara, Sebenarnya Ini Penyebab Microsleep dan Cara Mengatasinya

Penyebab dan cara mengatasi microsleep saat berkendara--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMMembahayakan saat berkendara, sebenarnya ini penyebab microsleep dan cara mengatasinya.

Microsleep merupakan kondisi di mana seseorang tiba-tiba kehilangan kesadaran atau perhatian karena merasa mengantuk, sehingga terjadi tidur secara tiba-tiba dalam waktu singkat, biasanya sekitar satu detik hingga dua menit, yang disertai dengan sentakan kepala yang keras.

Hal ini merupakan tanda bahwa seseorang telah tertidur. Durasi microsleep dapat bertambah lama jika individu benar-benar memasuki kondisi tidur. 

Kondisi ini sering terjadi saat melakukan aktivitas monoton seperti menatap layar komputer atau smartphone dalam waktu yang lama, atau saat berkendara, terutama jika individu kekurangan waktu tidur. 

BACA JUGA:Wajib Diwaspadai saat Mudik Lebaran! Ini Cara Mengatasi Microsleep

Meskipun mata tetap terbuka, microsleep dapat terjadi dengan ciri-ciri seperti pandangan kosong, gerakan kepala yang mengangguk, dan mengedipkan mata yang terlalu sering. 

Orang yang mengalami microsleep mungkin tidak menyadari bahwa mereka telah tertidur atau akan memasuki kondisi tidur.

Setelah mengalami microsleep, individu sering terbangun dengan perasaan lebih segar dalam waktu singkat.

Penyebab Microsleep:

1. Gangguan tidur

Salah satu penyebab utama microsleep adalah gangguan tidur seperti insomnia dan sleep apnea. Insomnia merupakan kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan tidur atau mempertahankan tidur selama waktu yang cukup, meskipun ada kesempatan dan lingkungan yang memadai untuk tidur. 

Hal ini dapat mengakibatkan penurunan kualitas dan kuantitas tidur yang dibutuhkan tubuh untuk memulihkan energi dan fungsi otak.

BACA JUGA:Yang Sedang Mudik Hati-hati! Ini Bahaya Microsleep saat Berkendara, Ternyata Sangat Serius

Sementara itu, sleep apnea adalah gangguan tidur yang ditandai dengan gangguan pernapasan selama tidur, yang dapat mengganggu pola tidur alami dan mengurangi kualitas istirahat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: