Iklan dempo dalam berita

Total Zakat Fitrah di Seluma, Terkumpul Uang Rp 2 Miliar dan Beras 95 Ton

Total Zakat Fitrah di Seluma, Terkumpul Uang Rp 2 Miliar dan Beras 95 Ton

Jumlah zakat fitrah di Kabupaten Seluma mengalami kenaikan--

SELUMA, RBTVCAMKOHA.COM - Di tengah naiknya harga pangan dan risiko kerawanan pangan, tak berpengaruh terhadap meningkatnya zakat fitrah di Kabupaten Seluma tahun ini.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Seluma, Heriansyah mengatakan rekapitulasi data zakat fitrah dalam bentuk beras terkumpul sebanyak 95,353 ton. Sedangkan zakat fitrah dalam bentuk uang terkumpul Rp 2.097.690.500.

Sedangkan untuk zakat Mal diperoleh data berjumlah Rp 41.110.000 dan Infaq/Sadaqoh Rp101.105.500.

BACA JUGA:Makanan di Hari Lebaran! Ini Asal Usul Ketupat Palas, Ini Resep dan Cara Pembuatannya

Zakat Fitrah tersebut dibayarkan oleh warga Kabupaten Seluma yang dikenai kewajiban membayar zakat atas kepemilikan harta yang telah mencapai nisab dan haul (Muzakki) sebanyak 118.010 orang, dan dibagikan kepada penerima (Mustahik) sebanyak 25.959 orang.

"Alhamdulillah, tahun ini ada peningkatan dibandingkan tahun lalu, kalau zakat fitrah berbentuk uang yang terkumpul mencapai Rp 2 miliar lebih, dan dalam bentuk beras mencapai 95 ton lebih," terang Heriansyah.

BACA JUGA:Asal Usul Ketupat Sotong, Makanan Khas Melayu yang Memiliki Filsafah Saling Memaafkan

Lanjutnya, zakat fitrah tersebut dibayarkan untuk kesempurnaan dalam menjalankan puasa, saat menjelang akhir bulan Ramadhan.

BACA JUGA:Doa Ziarah Kubur Singkat yang Dibaca Rasulullah, Cermati Hal yang Dilarang Diucapkan Saat Ziarah

"Untuk kesempurnaan dalam menjalankan puasa, menjelang akhir bulan Ramadhan kita diwajibkan untuk menunaikan zakat, atau yang lebih dikenal dengan zakat fitrah," pungkasnya.

 

(Hari Adiyono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: