Iklan dempo dalam berita

Klik Linknya, Begini Cara Main Ujian Kepekaan di Google Form, Cek juga Arti dari Skor yang Didapatkan

Klik Linknya, Begini Cara Main Ujian Kepekaan di Google Form, Cek juga Arti dari Skor yang Didapatkan

Cara main dan arti skor ujian kepekaan--

Mendengarkan perasaan diri sendiri adalah cara yang tepat untuk mengasah kepekaan terhadap orang lain. Seseorang perlu mengenali perasaan dalam dirinya sendiri terlebih dahulu sebelum memahami perasaan orang lain.

BACA JUGA:Model Seragam Nasional yang Berlaku di Tahun 2024 Untuk Siswa SD Hingga SMA, Bunda Wajib Tahu

Seseorang perlu mengenali perasaan sedih, marah, khawatir, bahagia, bersemangat, dan sebagainya. Kemudian, menuliskan secara jelas tentang hal yang diperlukannya ketika merasakan perasaan-perasaan itu.

Cara tersebut dapat membantu seseorang untuk memahami bahwa orang lain pun memungkinkan memiliki perasaan serupa. Demikian orang tersebut menjadi lebih mengerti cara untuk bersikap ketika orang lain sedang senang, sedih, marah, atau lainnya.

2. Mengikuti Kegiatan Bakti Sosial

Cara kedua yang dapat seseorang coba untuk mengasah kepekaan adalah mengikuti kegiatan bakti sosial. Kegiatan bakti sosial mengharuskan setiap orang yang terlibat untuk saling berkomunikasi, baik dengan sesama relawan maupun dengan orang yang akan dibantu.

BACA JUGA:Pastikan Seragam Nasional Siswa SD SMP dan SMA Tahun 2024 Sesuai Aturan Mendikbud, Berikut Modelnya

Kegiatan bakti sosial akan memberikan pelajaran tentang pentingnya berbagi, bersyukur, dan bekerja sama. Oleh sebab itu, kegiatan bakti sosial adalah cara yang baik untuk mengasah kepekaan seseorang.

3. Mendengarkan Lawan Bicara

Cara ketiga untuk mengasah kepekaan adalah mendengarkan lawan bicara. Ketika orang lain sedang berbicara, sebaiknya dengarkan dengan saksama.

Selain itu, penting juga untuk melihat ekspresi wajah serta bahasa tubuh. Pasalnya, bentuk komunikasi nonverbal seperti itu dapat membantu seseorang untuk memahami pesan orang lain secara lebih dalam.

4. Menonton Film dengan Genre Drama

Cara keempat adalah cara yang untuk untuk mengasah kepekaan, yakni menonton film dengan genre drama. Orang yang tidak peka biasanya kurang terbawa suasana bila menonton film genre drama.

BACA JUGA:Punya Gejala yang Hampir Mirip, Ternyata Ini Perbedaan Anemia Aplastik dan Leukimia yang Wajib Diketahui

Namun, film genre drama tetap bisa mengasah kepekaan. Pasalnya, seseorang dapat mempelajari karakter masing-masing tokoh dan mengamati perasaan dari tokoh tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: