Iklan dempo dalam berita

5 Cara Mengobati HFMD atau Flu Singapura pada Anak-anak, Nomor 3 Perlu Dilakukan Pengawasan

5 Cara Mengobati HFMD atau Flu Singapura pada Anak-anak, Nomor 3 Perlu Dilakukan Pengawasan

Cara mengobati flu Singapura pada anak--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - 5 cara mengobati HFMD atau Flu Singapura pada anak-anak, nomor 3 perlu dilakukan pengawasan. Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya tumbuh sehat.

Flu Singapura atau yang biasa disebut dengan Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD), merupakan penyakit umum terjadi pada anak-anak, apalagi di musim panas dan musim gugur.

Penyakit ini akibat virus usus atau enterovirus dan memiliki gejala umum seperti demam, ruam di tangan, kaki, dan mulut, serta sakit tenggorokan. 

Belakangan ini, HFMD juga banyak terjadi di sejumlah kota di Indonesia.

BACA JUGA:Ada Ruam di Tangan? Hati-hati, Kenali Gejala HFMD atau Flu Singapura pada Orang Dewasa

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat hampir 6.500 kasus HFMD di 2024. Kasus HFMD terbanyak ada Jawa Barat dengan 2.119 kasus, disusul Banten 1.171 kasus, DI Jogjakarta 561 kasus, dan Jawa Tengah 464 kasus.

HFMD merupakan penyakit endemik di Singapura dan dapat menyerang semua usia, tapi rentan terjadi pada anak, terlebih lagi bagi mereka yang berusia di bawah 5 tahun. 

Sehingga, penting bagi kita mengetahui langkah awal untuk mengatasinya.

Pada umumnya, gejala flu singapura atau HFMD ini meliputi luka di mulut dan ruam pada tangan dan kaki. Kemudian, Flu Singapura paling sering disebabkan oleh coxsackievirus.

BACA JUGA:Gejala HFMD atau Flu Singapura pada Anak, Ini Langkah yang Harus Ibu Lakukan untuk Pencegahan

5 Cara Mengobati HFMD Pada Anak-anak

Apabila anak terdiagnosis dengan flu Singapura alias HFMD, berikut adalah beberapa langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk membantu mengatasi kondisi tersebut.

1. Jaga kebersihan dan kebersihan tangan

Biasanya, Flu Singapura menular lewat kontak langsung dengan orang yang terinfeksi atau melalui perantara media yang terkontaminasi virus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: