Iklan dempo dalam berita

Ini Perbedaan dan Macam-macam Jenis Emas, Mulai dari Emas Batangan Hingga Serbuk Emas

Ini Perbedaan dan Macam-macam Jenis Emas, Mulai dari Emas Batangan Hingga Serbuk Emas

Macam-macam Jenis Emas--

4. Emas Tua dan Muda

Ini adalah istilah yang populer di kalangan pecintan emas Indonesia saja. Di luar negeri tidak ada istilah emas tua dan emas muda. Emas tua dan muda hanyalah penamaan saja berdasarkan kadarnya. 

Emas tua adalah emas yang punya kadar kemurnian lebih dari 70%. Sementara yang kurang dari 70% disebut emas muda.

BACA JUGA:Kenapa Pengajuan Pinjol Selalu Ditolak? Ternyata Ini 7 Alasannya dan Begini Cara Mengatasi agar Gampang Acc

5. Emas Putih

Jika emas kuning adalah yang paling populer dan paling sering digunakan sebagai perhiasan. Maka emas putih adalah pilihan yang menarik untuk cincin pertunangan atau lamaran. Menurut sebuah studi tahun 2019, 54% pasangan AS lebih memilih cincin pertunangan emas putih dibandingkan emas lainnya. 

Emas putih adalah paduan emas kuning dan logam putih. Kadang-kadang juga dicampur tembaga. Logam putih yang sering digunakan misalnya nikel, palladium, platinum, dan seng. 

Semakin sedikit kandungan emas dan tembaga dalam paduan logam tersebut, semakin tampak putihnya. Perhiasan emas putih biasanya dilapisi dengan rhodium yang membuatnya semakin putih.

BACA JUGA:Segini Harga Emas Per 1 Gram di Toko Emas Hari Ini, Serta Tips Membeli Emas di Toko

6. Emas Antam

Sebagai produk emas Batangan paling populer, emas antam adalah logam mulia yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang. Ada berbagai ukuran emas antam, mulai dari 0,5 gram hingga 100 gram. Tentu saja selain emas antam, ada emas Batangan lainnya, sebut saja emas UBS. 

BACA JUGA:Harga Tabungan Emas Pegadaian Hari Ini, Beserta 5 Keuntungan Menabung Emas di Pegadaian

7. Emas Lokal

Disebut emas lokal karena pembuatan dan pemurniannya di industri rumahan. Emas lokal dibuat oleh sekelompok kecil masyarakat, bisa berupa komunitas atau individual. Harganya tentu berbeda-beda, jika dibandingkan emas yang sifatnya nasional.

Perbedaan harganya tergantung dari daerah dimana proses produksi emas tersebut. Selain itu, tiap daerah juga memiliki kualitas kemurnian emas yang berbeda-beda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: