Iklan dempo dalam berita

Daftar 8 Daerah Penghasil Tambang Emas di Indonesia, Bisa Hasilkan 48 Ton Emas per Tahun

Daftar 8 Daerah Penghasil Tambang Emas di Indonesia, Bisa Hasilkan 48 Ton Emas per Tahun

Daerah penghasil tambang emas di Indonesia--ist

Pertambangan ini dikelola oleh PT Nusa Halmahera Mineral (NHM). Daerah ini ditemukan sejak tahun 1996 dengan sumber daya sekitar 770 kilo ons. Selain Gosowong, ada juga dua wilayah di sekitar Halmahera yang diperkirakan memiliki cadangan emas melimpah, yaitu Ngailamo dan Sesewet.

7. Tujuh Bukit, Bayuwangi

Bayuwangi dikenal dengan potensi sumber daya alam yang melimpah, termasuk tambang emas. Dikenal dengan tambang Tujuh Bukit atau Tumpang Pitu, daerah pertambangan ini menjadi daerah penghasil emas terbesar kedua se Indonesia.

Bayangkan, daerah ini memiliki cadangan mineral hingga 1,9 miliar ton dengan 28 juta ons diantaranya adalah emas. Perusahaan yang mengelola adalah PT Bumi Suksesinfo Tbk (BSI).

Menariknya lagi, dari lokasi tambang ini mereka menggunakan teknologi heap leach yang dinilai lebih ramah lingkungan bagi dunia pertambangan. Pasalnya teknologi ini dianggap tidak menimbulkan tailing atau limbah emas dari merkuri.

BACA JUGA:Wilayah Ini Disebut Menyimpan Harta Karun Peninggalan Prabu Siliwangi dari Pajajaran, Tambang Emas?

8. Toka Tindung, Sulawesi Utara

Di Sulawesi juga terdapat salah satu tambang emas terbesar di Indonesia. Tambang tersebut adalah Toka Tindung Gold Project yang terletak di Sulawesi Utara. 

Selain tambang ini, Sulawesi juga memiliki cadangan emas di beberapa daerah lainnya. Misalnya tambang emas Luwu di Sulawesi Selatan dan tambang Arci yang juga berada di Manado.

Demikianlah ulasan mengenai daerah penghasil tambang emas di Indonesia, bisa hasilkan 48 ton emas per tahun. Semoga bermanfaat.

 

Nutri Septiana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: