Iklan dempo dalam berita

Daftar 8 Daerah Penghasil Tambang Emas di Indonesia, Bisa Hasilkan 48 Ton Emas per Tahun

Daftar 8 Daerah Penghasil Tambang Emas di Indonesia, Bisa Hasilkan 48 Ton Emas per Tahun

Daerah penghasil tambang emas di Indonesia--ist

Mereka juga masih memiliki cadangan bijih emas yang diperkirakan mencapai 4,7 juta ons emas.

BACA JUGA:Ini Lokasi Harta Karun di Aceh, Sampai Diburu Bangsa Yunani dan Arab

3. Gunung Pongkor, Bogor Jawa Barat

Potensi emas ini berada di Gunung Pongkor, Kecamatan Nanggung Bogor. Daerah ini menjadi tambang emas yang dimiliki PT Aneka Tambang Tbk (Antam).

Tahun 1989, PT Antam melalui tim geologinya melakukan survey di Gunung Pongkor. Mereka pun berhasil menemukan potensi emas di sana. PT Antam membangun 7 terowongan untuk melakukan penambangan, tetapi hanya tiga yang terpakai. Luas lahan tambang yang dimiliki PT Antam seluas 6.024 hektar.

Untuk diketahui, produksi emas di Pongkor sekitar 1,5 sampai 2 ton per tahun atau sekitar 48 sampai 64 ons.

4. Batu Hijau, Sumbawa, NTB

Sumbawa Nusa Tenggara Barat menjadi daerah penghasil emas di Indonesia berikutnya, tepatnya berada di Bukit Hijau. Di daerah tersebut ditemukan emas mentah sebanyak 2,77 juta ons.

Mulanya, tambang Batu Hijau dimiliki PT Newmont Nusa Tenggara. Namun saat ini daerah tambang tersebut menjadi anak usaha PT Merdeka Copper Gold Tbk. Namanya diubah menjadi PT Amman Mineral Nusa Tenggara.

PT Amman pada tahun 2020 mulai menjalankan tahap akhir penambangan di Batu Hijau yang dihasilkan adalah 4,12 juta ons dan tembaga sebesar 4,47 miliar pon.

BACA JUGA:Begini Cara Mendaftar DTKS untuk Terima Bansos, Pendaftaran Bisa Online Maupun Offline

5. Pujon, Kalimantan Tengah

Pulau Kalimantan menjadi salah satu pulau dengan cadangan emas terbanyak. Salah satunya berada di Desa Pujon, Kalimantan Tengah. Siapa yang bisa menyangka, sebuah desa kecil di Kalimantan menjadi salah satu daerah penghasil emas terbesar di Indonesia. Desa Pujon memiliki cadangan emas hingga 40 juta ton, dan cadangan perak sebesar 16 juta ton.

6. Gosowong, Halmahera, Maluku Utara

Di Maluku Utara, tepatnya di Halmahera, terdapat pertambangan emas yang memiliki cadangan emas terbanyak di Indonesia. Pertambangan ini dikenal sebagai tambang emas Gosowong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: