Iklan dempo dalam berita

Harta Karun Tersembunyi di Tanah NTB, Segini Perkiraan Tambang Emas Dompu NTB

Harta Karun Tersembunyi di Tanah NTB, Segini Perkiraan Tambang Emas Dompu NTB

Harta Karun Tersembunyi di Tanah NTB--

3. Tambang Emas Toka Tindung

Tambang Emas Toka Tindung dimiliki oleh PT Archi Indonesia Tbk, melalui dua anak usahanya PT Meares Soputan Mining dan PT Tambang Tondano Nusajaya, berlokasi di Sulawesi Utara. 

Tambang emas ini telah beroperasi sejak 2009, dengan produksi emas pertama pada tahun 2011, dan memiliki cadangan emas sebesar 122 ton per akhir tahun 2020. Toka Tindung memiliki luas konsesi area sebesar 40 ribu hektar.

Berbeda dengan Martabe, cadangan emas di tambang emas Toka Tindung memiliki tingkat endapan sulfidasi rendah. Dari sisi operasional, Toka Tindung juga menggunakan metode CIL pada proses pengolahannya. 

BACA JUGA:Terbaru! Ini Tabel KUR Mandiri 2024 dengan Pinjaman Sampai Rp 250 Juta, Lengkap Syarat hingga Cara Pengajuan

4. Tambang Emas Tujuh Bukit

Tambang emas Tujuh Bukit berlokasi di Jawa Timur, dan dimiliki oleh PT Merdeka Copper Gold Tbk, mulai beroperasi pertama kali pada tahun 2016.

Area konsesi tambang emas Tujuh Bukit memiliki luas sekitar 12 ribu hektar.

Berbeda dengan Martabe dan Toka Tindung, dalam proses operasionalnya, tambang emas Tujuh Bukit menggunakan metode Heap Leach, dimana metode ini memiliki biaya lebih rendah, namun dengan tingkat recovery juga lebih lebih rendah.

Cadangan emas Tujuh Bukit diperkirakan akan habis pada pertengahan tahun 2024 ini, dimana Mereka sepertinya akan mulai beralih fokus ke bisnis pertambangan tembaga (copper) di masa mendatang.

BACA JUGA:Cicilan KUR BRI 2024 Plafon Rp 50 Juta, Angsuran Cukup Rp 900 Ribu, Ini Syarat dan Cara Pengajuannya

5. Tambang Emas Gosowong

Tambang Emas Gosowong yang dimiliki oleh PT Indotan Halmahera Bangkit dan PT Aneka Tambang, dan dioperasikan oleh PT Nusa Halmahera Minerals. Area konsesi tambang emas Gosowong memiliki luas sekitar 29 ribu hektar dan berlokasi di Kabupaten Halmahera Utara. 

BACA JUGA:5 Daerah Penghasil Harta Karun Perak Terbesar di Indonesia, Salah Satunya Ada di Bengkulu

Demikianlah ulasan mengenai, harta karun tersembunyi di tanah NTB, segini perkiraan tambang emas Dompu NTB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: