Iklan dempo dalam berita

Bisa Bikin Warga 1 Provinsi Kaya, Berikut Daerah yang Memiliki Harta Karun Minyak Bumi

Bisa Bikin Warga 1 Provinsi Kaya, Berikut Daerah yang Memiliki Harta Karun Minyak Bumi

Daerah yang memiliki harta karun minyak bumi--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Bisa bikin warga 1 provinsi kaya, berikut daerah yang memiliki harta karun minyak bumi.

Sebagai negara yang telah lama dikenal dengan kekayaan sumber daya alamnya, Indonesia memiliki sejumlah daerah yang terkenal sebagai penghasil minyak bumi.

Indikasi keberadaan daerah-daerah ini sering kali dapat ditemukan dari kehadiran kilang minyak, infrastruktur penting yang berfungsi sebagai pusat pengolahan minyak bumi untuk menghasilkan berbagai macam produk bahan bakar minyak yang vital bagi kebutuhan energi masyarakat.

BACA JUGA:Kesempatan Jarang Datang 2 kali, Ini Formasi CPNS Kemenag 2024, Segera Daftar

Sejak tahun 2014, Indonesia telah menjadi salah satu negara dengan tambang minyak bumi terbesar di dunia. 

Kekayaan alam ini menempatkannya di peringkat ke-25 sebagai negara dengan potensi minyak terbesar. Pada waktu itu Indonesia memiliki cadangan minyak sebesar 4,4 miliar barel.

Data dari Trading Economics menunjukkan bahwa produksi minyak di Indonesia saat ini masuk dalam 10 besar di antara negara-negara G20 lainnya. 

Indonesia menduduki posisi ke-9 di bawah Britania Raya dengan produksi minyak mentah sebesar 644 ribu barel per hari pada periode September 2021.

BACA JUGA:Daftar Konglomerat Pemilik Tambang Emas, Ternyata Simpan Harta Karun Terbesar di Indonesia

Penggunaan petroleum memiliki peran penting dalam aktivitas sehari-hari, karena digunakan sebagai bahan baku untuk bahan bakar minyak (BBM) dan produk-produk petrokimia seperti pestisida dan pupuk.

Menurut Indonesian Petroleum Association, Indonesia memiliki 60 cekungan endapan, di mana 14 di antaranya menghasilkan minyak bumi dan gas alam. 

Untuk lebih memahami kekayaan sumber daya alam di Tanah Air, berikut adalah daerah-daerah yang menjadi tambang minyak bumi terbesar, mungkin saja salah satunya berada di lokasi Anda saat ini:

1. Riau

Riau mampu menghasilkan 365.827 barel per hari, terdiri dari 359.777 barel minyak mentah dan 6.050 barel kondensat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: