Iklan dempo dalam berita

Dunia Heboh, Gunung Ini Semburkan Harta Karun Emas, Ada 80 Gram Emas yang Dimuntahkan Setiap Hari

Dunia Heboh, Gunung Ini Semburkan Harta Karun Emas, Ada 80 Gram Emas yang Dimuntahkan Setiap Hari

Gunung Erebus di Antartika yang menyemburkan emas setiap hari--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMDunia heboh, gunung ini semburkan harta karun emas, ada 80 gram emas yang dimuntahkan.

Gunung Erebus adalah gunung berapi aktif tertinggi di Antartika, dengan ketinggian puncak 3.794 meter (12.448 kaki) dan gunung berapi aktif paling selatan di Bumi.

Gunung Erebus tersebut dalam satu hari, diperkirakan memuntahkan sekitar 80gram emas yang bernilai sekitar $6000 (atau sekitar 97 juta rupiah per hari)

Gunung Erebus adalah salah satu gunung berapi paling ganas di Antartika, para ilmuwan menemukan bahwa hembusan gasnya mengandung kristal emas metalik kecil, yang ukurannya tidak lebih dari 20 mikrometer. 

BACA JUGA:Dilarang, Begini Hukum Berhubungan Suami Istri dengan Saudara Kandung, Mengakibatkan Penyakit Genetik

Debu emas menyebar jauh dan luas. Peneliti Antartika telah mendeteksi jejak emas di udara sekitar 1.000 kilometer (621 mil) dari gunung berapi.

Dari satelit raksasa geologis terlihat sedikit warna merah di kawah puncaknya yang merupakan danau lava panas yang telah menggelegak setidaknya sejak tahun 1972. 

Gunung berapi ini secara teratur mengeluarkan gumpalan gas dan uap. Dalam aktivitas gunung berapi di masa lalu Gunung Erebus ini diketahui mengeluarkan bongkahan batu yang sebagian meleleh yang dikenal sebagai bom vulkanik.

Dinamakan berdasarkan personifikasi kegelapan dalam mitologi Yunani, konon Gunung Erebus sedang meletus ketika Kapten Sir James Clark Ross pertama kali melihatnya pada tahun 1841. 

BACA JUGA:Katanya Pakai Doa Ini Anda Bisa Menemukan Harta Karun di Sungai

Gunung ini terletak di samping dua gunung berapi lainnya di Pulau Ross yang dinamai menurut nama penjelajah Inggris tersebut.

Berita paling populer mungkin sehubungan dengan terjadinya bencana Gunung Erebus pada tanggal 28 November 1979 silam, yaitu terjadinya Air New Zealand Penerbangan 901 yang merupakan perjalanan wisata selama 11 jam dari Auckland ke Antartika dan kemudian kembali ke Selandia Baru. Penerbangan tersebut menabrak sisi gunung ketika bermanuver dan menewaskan 257 orang di dalamnya.

Untuk diketahui, terdapat puluhan gunung berapi di Antartika, sebagian besar terletak di Antartika Barat dan Marie Byrd Land. Sebuah penelitian pada tahun 2017 mengidentifikasi 138 gunung berapi di bagian benua ini saja. 

BACA JUGA:Bukan Hanya di Bangka, Ini 5 Daerah Penghasil Harta Karun Timah Terbesar di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: