Iklan dempo dalam berita

Berbagai Jenis Harta Karun yang Ada di Sumatera, Punya Banyak Manfaat Untuk Pembangunan

Berbagai Jenis Harta Karun yang Ada di Sumatera, Punya Banyak Manfaat Untuk Pembangunan

Berbagai Jenis Harta Karun yang Ada di Sumatera, Punya Banyak Manfaat Untuk Pembangunan--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Berikut ini akan dibahas mengenai berbagai jenis harta-karun yang ada di Sumatera, punya banyak manfaat untuk pembangunan.

Pulau Sumatera yang terletak di sebelah barat Indonesia menyimpan segudang potensi sumber daya alam. Sumatera memiliki julukan dalam bahasa sanskerta, Swarnadwipa yang berarti “pulau emas”.

Pulau terbesar keenam di dunia ini adalah rumah dari sekira 57.940.351 jiwa berdasarkan sensus penduduk tahun 2018.

BACA JUGA:Penghasil Harta Karun, Tambang Perak Bengkalis Jadikan Indonesia Sebagai Pemasok Logam Mulia di Pasar Global

Pulau Sumatra memiliki luas wilayah 473.481 km persegi yang terbagi menjadi 10 provinsi meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatra Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, dan Lampung.

Secara geografis, Pulau Sumatra terletak di sebelah barat gugusan kepulauan Indonesia tepatnya berada di titik koordinat 6°LU - 6°LS antara 95°BB - 109°BT.

Di sebelah timur, wilayah Pulau Sumatra berbatasan dengan Selat Malaka, dan di sebelah utara berbatasan dengan Laut Andaman. Sementara itu sebelah selatan pulau ini berbatasan dengan Selat Sunda dan di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia.

BACA JUGA:Ini Daftar Perusahaan Tambang Harta Karun Timah di Sulawesi Utara, Lantas Apa Pemanfaatan Timah Bagi Kehidupan

Berbagai Jenis Harta Karun yang Ada di Sumatera

Potensi sumber daya alam Pulau Sumatra dapat diketahui dengan mencermati alam di setiap provinsinya. Sebab, setiap wilayah Sumatra memiliki potensi sumber daya alam unggulan masing-masing.

Harta karun yang dimaksud adalah hasil pertambangan. 

Tambang di Sumatera terdiri dari berbagai jenis, seperti minyak bumi, gas alam, batu bara, emas, perak, tembaga, belerang, mangan, bauksit, bijih besi, dan lain-lain.

Tambang-tambang ini tersebar di berbagai provinsi di Sumatera, seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, dan Kepulauan Bangka Belitung.

BACA JUGA:Ciri Tanah Mengandung Emas dan Petunjuk-petunjuk untuk Menemukan Harta Karun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: