Iklan dempo dalam berita

Lokasi Harta Karun Nikel yang Jumlahnya Hingga Miliaran Ton, di Sumatera Ada Jutaan Ton

Lokasi Harta Karun Nikel yang Jumlahnya Hingga Miliaran Ton, di Sumatera Ada Jutaan Ton

Lokasi Harta Karun Nikel yang Jumlahnya Hingga Miliaran Ton, di Sumatera Ada Jutaan Ton--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Berikut ini lokasi harta-karun nikel yang jumlahnya hingga miliaran ton, di Sumatera ada jutaan ton.

Nikel adalah salah satu unsur kimia yang memiliki simbol Ni dan nomor atom 28. 

Lalu apakah nikel sama dengan nikel mentah?

Nikel mentah merujuk pada bijih nikel yang diekstraksi dari tambang nikel dan belum mengalami pemrosesan lanjutan. Bentuk nikel mentah berupa logam keras berwarna putih keperakan dengan sedikit corak semburat keemasan. Bahan tambang ini memiliki karakteristik kuat, padat, dan memiliki ketahanan terhadap panas dan korosi.

BACA JUGA:Daerah yang Punya Harta Karun Perak Terbesar di Indonesia, Ada di Pulau Sumatera dan Kalimantan

Nikel juga termasuk logam penghantar listrik dan panas yang cukup baik. Nikel dikenal sebagai logam transisi yang bersifat magnetik sehingga memiliki daya tarik pada magnet.

Pemrosesan nikel mentah membutuhkan beberapa teknik, seperti pemurnian elektrolitik, hidrometalurgi, dan teknik pengolahan termal, tergantung pada sifat bijih dan kebutuhan produksi.

Melansir laman web Nickel Institute, nikel pertama kali ditemukan sebagai unsur kimia pada tahun 1751 oleh Axel Fredrik Cronstedt. Awalnya ia mengira bijih yang ditemukan di tambang kobalt di Los, Hälsingland, Swedia, tersebut merupakan mineral tembaga.

BACA JUGA:Ini Dia Lokasi Harta Karun Batu Bara di Sumatera Selatan, Sudah Hasilkan Miliaran Ton

Lokasi Harta Karun Nikel yang Jumlahnya Hingga Miliaran Ton

Dilansir dari berbagai sumber, Indonesia tercatat sebagai produsen nikel nomor wahid, dengan kontribusi lebih dari separuh produksi dunia. 

Namun, di mana saja basis harta karun mineral logam dengan nama unsur kimia Ni tersebut?

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat sumber daya bijih nikel Indonesia mencapai 17,6 miliar ton per 2022, sedangkan cadangan bijihnya 5,2 miliar ton.

Adapun, Sulawesi menjadi pulau dengan jumlah sumber daya dan cadangan bijih nikel terbesar di seluruh Indonesia, yakni berkontribusi sebesar 60,1%. Perinciannya, sumber daya dan cadangan bijih nikel di Sulawesi masing-masing mencapai 10,6 miliar ton dan 3,4 miliar ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: