Iklan dempo dalam berita

Apa Saja Gunung Berapi di Sulawesi Utara? Nomor Lima Status Terbaru Naik jadi Awas!

Apa Saja Gunung Berapi di Sulawesi Utara? Nomor Lima Status Terbaru Naik jadi Awas!

Gunung berapi di Sulawesi Utara--ist

Dikenal dengan nama Api Siau, gunung api satu ini terletak di bagian utara Sulawesi, tepatnya di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro. Memiliki ketinggian 1.748 mdpl dan menjadi salah satu gunung api teraktif dengan letusan lebih dari 40 kali sejak 1675.

Potensi gunung ini menimbulkan bencana alam tebilang tinggi, karena frekuensi erupsi gunung Karangetang hampir terjadi setiap tahunnya. Selain itu, karakteristik erupsinya adalah eksplosif tipe strombolian yang diikuti dengan guguran lava. 

Terlebih lagi lokasi sekitar gunung ini memiliki jarak bebas pantai kurang lebih 4 km yang posisinya juga terdapat banyak pemukiman. 

5. Gunung Bromo

Memiliki ketinggian 2.329 mdpl, Gunung Bromo berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

Gunung Bromo berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Terkenal sebagai objek wisata, Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung api yang masih aktif. Bagi penduduk sekitar, Bromo dipercaya sebagai gunung suci.

BACA JUGA:Begini Risiko yang Ditanggung Istri jika Menolak Ajakan Suami Berhubungan Menurut Pandangan Islam

Setiap tahunnya warga Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada. Diadakan setiap tanggal 14 atau 15 Kasada (kesepuluh) menurut penanggalan Jawa. 

Gunung Bromo pernah mengalami letusan terbesarnya pada tahun 1974, dan terakhir mengalami letusan terjadi pada 19 Juli 2019. Menurut laporan Magma Indonesia, status Gunung Bromo berada di level II (waspada). 

6. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatra sekaligus masuk jajaran gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Terletak di perbatasan Kabupaten Kerinci, Jambi dan Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat, Gunung Kerinci memiliki ketinggian 3.805 mdpl.

Gunung Kerinci adalah tipe gunung api statovolkano yang masih aktif hingga saat ini. Gunung Kerinci terakhir kali erupsi yaitu pada 11 Januari 2023 dan masih terjadi hingga saat ini.

Putri Nurhidayati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: