Iklan dempo dalam berita

Jejak Heboh Penemuan Harta Karun Emas Bergambar Ir Soekarno di Sungai Komering Sumsel

Jejak Heboh Penemuan Harta Karun Emas Bergambar Ir Soekarno di Sungai Komering Sumsel

Penemuan harta karun emas di Sungai Komering--

Meskipun demikian, pihak pemerintah menyatakan akan memberikan dana kompensasi kepada pihak yang menemukan barang tersebut. 

"Tetapi sesuai dengan mekanisme yang ada, barang seperti itu harus diserahkan kepada pemerintah karena memiliki nilai sejarah yang penting," jelasnya. 

Sejak penemuan benda diduga emas tersebut menjadi viral, banyak masyarakat yang berbondong-bondong mendatangi lokasi temuannya. Hal ini terjadi di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Persiapan dan Ayo Pelajari dari Sekarang! Ini Sejumlah Kisi-kisi Materi SNBT 2024 Kemdikbud

Dampak dari viralnya penemuan ini membuat nasib penemu emas batangan bergambar Soekarno terancam, karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) merujuknya sebagai harta karun.

Dalam menghadapi situasi ini, aparat kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dikerahkan untuk menjaga lokasi tersebut.

Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Komering Ilir, Ir. Asmar Wijaya, bahkan mengimbau agar masyarakat tidak ikut-ikutan mencari berbagai benda tersebut. Menurutnya, kegiatan pencarian benda diduga prasejarah di dasar sungai tersebut sangat berisiko dan berbahaya.

Asmar juga menekankan bahwa keaslian logam yang diduga emas tersebut masih perlu dipastikan secara ilmiah. "Sejauh ini barang yang ditemukan belum pasti kebenarannya. Maka saya mengimbau kepada warga jangan ikut melakukan pencarian karena sangat membahayakan," ungkapnya.

BACA JUGA:Misteri Harta Karun Emas Batangan Soekarno, Benarkah Adanya? Begini Tanggapan Sejarawan Indonesia Ong Hok Ham

Selain berpotensi membahayakan masyarakat, kegiatan mencari barang-barang diduga harta karun di Sungai Komering juga telah mengganggu lalu lintas di sekitarnya.

Kondisi tersebut membuat lalu lintas di lokasi tersebut menjadi macet dan mengganggu para pengguna jalan.

Seperti yang telah dilaporkan sebelumnya, seorang pria bernama Septa, yang merupakan warga Desa Tanjung Lubuk, Kecamatan Kayuagung, Sulawesi Selatan, menemukan sebuah logam bermotif wajah Ir. Soekarno.

Selain logam tersebut, Septa juga menemukan sebuah gelang dengan motif naga. Bahkan, salah seorang teman Septa yang bernama Wawan juga berhasil menemukan sebuah mahkota berwarna emas.

BACA JUGA:Awas Modus Kejahatan Terbaru, Sudah Ada Korban! Ini 5 Tips Terhindar dari Modus Ganjal Kartu ATM

Dari penemuan tersebut, mereka berdua telah berhasil mengumpulkan sekitar 30 barang berwarna emas dari dasar sungai tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: