Iklan dempo dalam berita

Menggali Jejak Harta Karun di Sukoharjo, Benda Purbakala yang Berada di Areal Persawahan Joho

Menggali Jejak Harta Karun di Sukoharjo, Benda Purbakala yang Berada di Areal Persawahan Joho

Benda Purbakala yang Berada di Areal Persawahan Joho--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Menggalijejak harta karun di Sukoharjo, benda purbakala yang berada di areal persawahan Joho.

Harta karun di Sukoharjo membawa kita pada sebuah penemuan menarik, benda-benda purbakala yang tersembunyi di areal persawahan Joho, Sukoharjo.

Dahulu, Joho diperkirakan sebagai kuburan kuno masa prasejarah yang kini menjadi sumber penasaran bagi para peneliti dan sejarawan. 

BACA JUGA:Punya Kekayaan yang Tesembunyi, Ini Kabar Penemuan Harta Karun Dinasti Tang di Bangka Saat Ini

Dugaan adanya situs kuburan tua ini tidak hanya terbatas pada wilayah Joho saja, melainkan juga membentang ke wilayah sekitarnya, termasuk Desa Combongan hingga barat pabrik Sritex.

Bahkan, kampung Malowopati di Desa Bedingin, kawasan Batu Seribu, Bulu, dan Desa Ngowan di Bendosari juga menjadi bagian dari jejak tersebut.

Di situs-situs tersebut, diyakini tersimpan harta benda dan jenazah manusia dari zaman kuno yang kini menjadi bagian dari kekayaan arkeologis dan sejarah Sukoharjo.

BACA JUGA:Penemuan Harta Karun di Jawa Barat dengan Nilai Miliaran Rupiah, Apakah Masih Ada? Ini Lokasinya

Gunadi, mantan pemburu harta terpendam di kawasan Sukoharjo, menjelaskan bahwa kuburan tua di Joho merupakan bagian dari kelompok kuburan orang-orang dari kasta menengah ke bawah, atau dapat dikatakan sebagai masyarakat biasa.

BACA JUGA:Luar Biasa! Ini Jejak Penemuan Kendi Berisi Harta Karun VOC di Pandeglang dengan Berat 3 Kilogram

Penjelasannya itu disampaikan saat diwawancarai oleh Solopos.com di kediamannya di RT 002/RW 005 Kampung Seliran, Kelurahan Jetis, Sukoharjo pada Kamis, 13 Oktober 2014.

Sebagai seorang guru Seni Budaya di SMK Taman Siswa Sukoharjo, Gunadi memiliki pemahaman mendalam tentang warisan budaya di wilayah tersebut.

Menurutnya, ciri khas kuburan tersebut dapat dikenali dari temuan-temuan seperti gerabah dan manik-manik dengan motif sederhana yang ditemukan di sekitar kerangka jenazah.

BACA JUGA:Harta Karun juga Ada di Surga, Amalkan Zikir Ini agar Kelak Bisa Mendapatkan Harta Karun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: