Iklan dempo dalam berita

Bangka Belitung Menyimpan Harta Karun Dalam Jumlah Banyak, Ini Lokasinya

Bangka Belitung Menyimpan Harta Karun Dalam Jumlah Banyak, Ini Lokasinya

Cadangan dan lokasi harta karun di Bangka Belitung--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Bangka Belitung menyimpan harta karun dalam jumlah banyak, ini lokasinya.

Kepulauan Bangka Belitung, sebuah provinsi di Indonesia, terdiri dari dua pulau utama, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung, serta ratusan pulau kecil. Total pulau yang telah diberi nama mencapai 470 pulau, tetapi hanya 50 pulau yang berpenghuni. 

Bangka Belitung tidak hanya menjadi sebuah provinsi, tetapi juga memiliki sejarah yang kaya. Salah satu momen bersejarahnya adalah penemuan harta karun terbesar pertama di Indonesia, yaitu harta Dinasti Tang. 

BACA JUGA:Ternyata Bulus Dijadikan Bahan Makanan, Apakah Bulus Haram atau Halal untuk Dimakan? Begini Penjelasannya

Kapal Dinasti Tang, yang melintasi wilayah Nusantara termasuk Bangka Belitung, membawa artefak yang nilainya diperkirakan mencapai Rp1 triliun.

Namun, kapal tersebut tenggelam, dan baru ditemukan kembali pada tahun 1998 oleh para nelayan di wilayah tersebut.

Indonesia juga dipercaya memiliki potensi sumber daya alam yang cukup besar, terutama dalam hal mineral langka seperti Logam Tanah Jarang (LTJ).

Salah satu daerah di Indonesia yang dianggap sebagai penyimpan 'harta karun super langka' adalah Bangka Belitung. 

BACA JUGA:Penemuan Harta Karun, Berikut Titik Lokasi Cadangan Emas di Banyumas

Menurut peneliti Ahli Madya Bidang Metalurgi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Widi Astuti, keberadaan LTJ di Indonesia sebagian besar berasal dari monasit, mineral turunan dari hasil pengolahan timah. LTJ yang terkandung dalam monasit memiliki potensi yang cukup besar terutama di sepanjang jalur timah.

Bangka Belitung menjadi salah satu wilayah dengan sumber daya LTJ yang cukup besar, dengan potensi sekitar 200.000 ton, diikuti oleh kawasan Kalimantan dan daerah lainnya. Oleh karena itu, ia optimistis bahwa pengembangan LTJ di Indonesia dapat segera dimulai.

"Mengawali dari Bangka Belitung dengan potensi sekitar 200 ribu ton adalah langkah yang baik, namun kita juga perlu terus menambah pengembangan di daerah lain seperti Kalimantan. Dari sisa hasil pengolahan bauksit, perlu penelitian lebih lanjut untuk meningkatkan cadangan kita. Begitu pula dengan laterit yang memiliki potensi sekitar 400 ton, jika dieksplorasi lebih lanjut, kita yakin potensinya juga akan semakin besar," ujar Widi Astuti.

BACA JUGA:Gadai SK PPPK di Bank Dapat Berapa? Ini Limit Pinjamannya, Berserta Persyaratan Lengkap untuk Pengajuan

Bangka Belitung memang dikenal kaya akan sumber daya alamnya yang melimpah. Potensi sumber daya alam di Bangka Belitung sangatlah beragam dan meliputi berbagai jenis mineral yang melimpah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: