Iklan dempo dalam berita

Peta Harta Karun Berlian di Indonesia, Tersebar di 7 Titik

Peta Harta Karun Berlian di Indonesia, Tersebar di 7 Titik

Peta Harta Karun Berlian di Indonesia, Tersebar di 7 Titik--Foto: ist

Selain Martapura, daerah yang memiliki tambang intan di Kalimantan Selatan adalah Banjarbaru, tepatnya di Desa Cempaka. Lokasi desa tersebut berada sekitar 10 km jika diukur dari pusat kota Banjarbaru. Tambang intan di daerah ini terletak di Sungai Tiung dengan Ujung Murung dan Pumpung yang paling terkenal disana.

Intan yang dihasilkan dari daerah ini termasuk intan yang memiliki kualitas tinggi karena terbentuk dari Pegunungan Meratus. Kegiatan mendulang intan di lokasi tambang intan dilakukan oleh 3-5 orang secara berkelompok. Para pendulang melakukan kegiatan berbeda satu sama lain seperti mendulang material, mengangkut material, dan juga menggali lubang.

6. Kabupaten Barito, Kalimantan Tengah

Salah satu daerah yang menghasilkan intan di wilayah Kalimantan Tengah adalah Kabupaten Barito. Cara para penambang intan melakukan galian pada tambang adalah dengan menggali hingga kedalamannya mencapai sekitar 160 kilometer dari bawah permukaan bumi. Batuan cair yang terdapat dalam mante bumi mempunyai tekanan dan temperatur tertentu.

Oleh karena itu, mineral carbon diubah menjadi intan. Batuan intan yang terdapat di Kabupaten Barito merupakan batuan metamorf yang terbentuk melalui proses magma yang membeku sehingga nilai ekonomisnya tinggi. Intan sendiri termasuk zat padat bertekstur bening dan merupakan bebatuan yang paling keras.

BACA JUGA:Harta Karun Sumbawa Barat, Cadangannya Emasnya Menggiurkan, Berikut Titik Lokasinya

7. Kabupaten Sampit, Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah mempunyai beberapa titik penambangan intan, salah satunya Kabupaten Sampit. Di kawasan ini penambangan intan dilakukan oleh beberapa perusahaan besar dimana hasil penambangannya digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan juga dilakukan ekspor ke mancanegara.

Meskipun lokasi penambangan tidak terfokus di satu lokasi, namun hingga kini penambangan intan di daerah tersebut masih tetap berjalan dengan baik. Sehingga tidak heran jika Kalimantan Tengah menjadi daerah penghasil intan yang produktif dengan intan berkualitas.

Itulah informasi peta harta karun berlian di Indonesia, tersebar di 7 titik.

 

(Novan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: