Iklan dempo dalam berita

Wow! Bangkai Kapal Berusia 700 Tahun Ditemukan di China Berisi Harta Karun, Apa saja Isinya?

Wow! Bangkai Kapal Berusia 700 Tahun Ditemukan di China Berisi Harta Karun, Apa saja Isinya?

Penemuan bangkai kapal berisi harta karun--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Wow! bangkai kapal berusia 700 tahun ditemukan di China berisi harta karun, apa saja isinya?

Tim arkeologi China telah berhasil menemukan bangkai kapal yang tenggelam di lepas pantai Provinsi Fujian, China Timur, sebuah penemuan yang mengungkapkan rahasia sebuah kapal berumur lebih dari 700 tahun yang tersembunyi di kedalaman laut.

Penemuan ini dilakukan dalam kerjasama antara Pusat Arkeologi Nasional (NCA), lembaga penelitian arkeologi provinsi Fujian, dan biro kebudayaan dan pariwisata kota Zhangzhou. 

BACA JUGA:Setelah Berhubungan Suami Istri Apakah Boleh Langsung Tidur? Begini Penjelasan Buya Yahya

Para arkeolog yang terlibat dalam penemuan ini menyatakan bahwa kapal yang ditemukan ini berasal dari masa Dinasti Yuan, periode yang berlangsung antara tahun 1271 hingga 1368 Masehi.

Bangkai kapal kuno tersebut ditemukan di perairan laut dekat pulau Sheng Beiyu, dengan kedalaman air mencapai sekitar 30 meter dan diperkirakan berasal dari Dinasti Yuan (1271-1368).

Lokasi penemuan ini menarik perhatian karena dikenal sebagai daerah rawan kapal karam atau tenggelam, karena terumbu karang yang melintang di dasar laut.

Kawasan ini juga dikenal sebagai Jalur Sutra Maritim kuno, yang menjadi jalur perdagangan yang menghubungkan China dengan negara-negara tetangga pada masa itu.

BACA JUGA:Pinjaman Bank Tenor 15 Tahun, Datang ke Kantor Cabang BNI Bawa Dokumen Ini, Uang Rp 50 Juta Cair

Ketika kapal kuno itu ditemukan, tak kurang dari 20.000 artefak ditemukan di dalamnya, mengungkapkan kekayaan budaya yang tersembunyi di kedalaman laut.

Yang paling mengejutkan adalah lebih dari 17.100 potongan porselen Longquan Celadon yang berhasil dipulihkan dari bangkai kapal tersebut. 

Artefak-artefak ini termasuk mangkok, piring, cangkir, dan bahkan pembakar dupa."Kapal yang tenggelam ini memuat porselen Longquan dalam jumlah terbesar yang pernah ditemukan di kapal karam, memberikan contoh yang menonjol dari puncak ekspor porselen Longquan pada akhir masa Dinasti Yuan," ujar Chen Hao, wakil kepala pusat penelitian arkeologi bawah air provinsi Fujian. 

Beberapa porselen yang ditemukan dalam penemuan kapal kuno tersebut memiliki ukiran yang unik dan menarik perhatian para peneliti. 

BACA JUGA:Tabel Kredit Multiguna Mandiri Tenor 10 Tahun, untuk Plafon Rp 5 Juta - Rp 150 Juta, Segini Besaran Bunganya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: