Iklan dempo dalam berita

Setiap Bencana Pasti Ada Hikmahnya! Ini Hikmah Gunung Meletus Menurut Islam

Setiap Bencana Pasti Ada Hikmahnya! Ini Hikmah Gunung Meletus Menurut Islam

Hikmah Gunung Meletus Menurut Islam--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Setiap bencana pasti ada hikmahnya! ini hikmah gunung meletus menurut Islam.

Alam semesta beserta isinya merupakan salah satu tanda kebesaran Allah SWT yang dinampakkan kepada manusia.

Terjadinya gempa bumi hingga meletusnya gunung tak lepas dari kebesaran Allah yang patut dijadikan pengingat dan peningkat ketakwaan.

BACA JUGA:Fenomena Alam Tertulis Dalam Al Quran, Mari Kenali Hujan Meteor dan Fungsinya Menurut Islam

Dalam QS an-Naml ayat 88, Allah SWT berfirman, “Wa taral-jibaala tahsabuha jaamidatan wa hiya tamurru marrassahaabi, shun’allahilladzi atqana kulla syai’in. Innahu khabirun bimaa taf’alun.”

Yang artinya, “Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya padahal ia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

BACA JUGA:Apakah Hujan Meteor Berbahaya? Simak Fakta Menarik dari Fenomena Alam yang Luar Biasa Ini

Setiap ada bencana pasti ada hikmahnya. Hikmah dari meletusnya gunung, disampaikan oleh pakar ilmu Alquran KH Ahsin Sakho yang  menjelaskan, adanya bencana di alam semesta merupakan pengingat.

Bencana jika dilihat dari sisi kerusakan yang diakibatkannya, tentu saja tidak baik. Namun jika bencana gunung meletus itu menimpa orang Muslim dan dia mati karenanya, maka matinya tergolong syahid.

“Percaya bahwa ini adalah ujian, cobaan, dan juga pengingat dari Allah SWT. Bencana alam adalah peringatan agar kita dari waktu ke waktu harus selalu ingat dan siap sedia dalam menerima takdir Allah, dan harus sabar,” kata Kiai Ahsin.

BACA JUGA:Sering Disebut Bintang Jatuh! Begini Proses Terjadinya Fenomena Hujan Meteor

Kiai Ahsin menjelaskan, bencana alam yang datang menimpa kepada manusia merupakan salah satu cara bagi Allah untuk memberikan peringatan dan pengujian kepada hamba-hamba-Nya.

Apakah dengan datangnya musibah seseorang masih akan tetap beriman, lepas beriman, atau justru semakin bertambah keimanannya.

BACA JUGA:Saksikan Puncaknya Hujan Meteor Lyrd April 2024, Begini Cara Melihatnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: