Iklan dempo dalam berita

Manfaat Minyak Bumi Apa Saja? Simak 10 Kegunaannya Bagi Kehidupan, Berserta Keuntungan

Manfaat Minyak Bumi Apa Saja? Simak 10 Kegunaannya Bagi Kehidupan, Berserta Keuntungan

Manfaat Minyak Bumi Apa Saja? Simak 10 Kegunaannya Bagi Kehidupan, Berserta Keuntungan --foto: rbtv.disway.id

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Manfaat minyak-bumi apa saja? Simak 10 kegunaannya bagi kehidupan berserta keuntungan.

Jika mendengar istilah minyak bumi sudah tidak asing lagi ditelinga, secara umum minyak bumi merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Manfaat minyak bumi sebenarnya ada banyak. Beberapa produk yang sering digunakan masyarakat berasal dari olahan minyak bumi. Salah satunya adalah bahan bakar kendaraan bermotor. 

BACA JUGA:Ini Negara Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Dunia, Tembus 3,93 Miliar Barel

Selain bahan bakar, masih ada beberapa manfaat minyak bumi lainnya yang jarang disadari. Misalnya untuk keperluan medis dan pembuatan produk-produk farmasi. 

Meski manfaat minyak bumi begitu besar bagi kehidupan manusia, namun harus bijak dalam penggunaannya. Pasalnya, minyak bumi adalah sumber daya mineral yang tidak dapat diperbaharui.

Untuk diketahui, minyak bumi adalah sumber daya alam yang terbentuk secara alami yang terdiri dari endapan hidrokarbon dan bahan organik lainnya. Minyak bumi dapat menghasilkan minyak mentah yang disuling untuk menghasilkan produk seperti bensin, solar, dan berbagai bentuk petrokimia lainnya.

BACA JUGA:Bisa Bikin Warga 1 Provinsi Kaya, Berikut Daerah yang Memiliki Harta Karun Minyak Bumi

Adapun proses pembentukan minyak bumi:

Minyak bumi berasal dari fosil hewan dan tumbuhan yang terkubur selama jutaan tahun lalu. Lempeng bumi bergerak dan membawa fosil hewan dan tumbuhan ke dalam lapisan kerak bumi. 

Fosil tersebut kemudian terkena panas bumi dan gas alam di dalam kerak bumi. Proses tersebut mengakibatkan fosil berubah warna menjadi hitam yang disebut minyak bumi.

Manfaat minyak bumi sendiri telah menjadi konsumsi masyarakat seluruh dunia dan mampu memengaruhi tingkat ekonomi secara langsung. 

Berikut ini beberapa manfaat minyak bumi bagi kehidupan:

1. Sebagai Bahan Bakar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: