Iklan dempo dalam berita

Semua Ibadah Ada Tuntunannya, Begini Cara Nabi Muhammad Berwudhu

Semua Ibadah Ada Tuntunannya, Begini Cara Nabi Muhammad Berwudhu

Cara Nabi Muhammad berwudhu--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMSemua ibadah ada tuntunannya, begini cara Nabi Muhammad berwudhu.

Shalat dalam agama memiliki kedudukan yang sangat agung, yakni rukun islam kedua setelah syahadat dan tiang (penopang) agama islam. 

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Inti (pokok) segala perkara adalah islam dan tiangnya (penopangnya) adalah shalat” (HR Tirmidzi, dinilai hasan oleh Al Hafizh Abu Thohir). 

BACA JUGA:Berapa Lama Jam Tidur Nabi Muhammad SAW? Ini Penjelasan Haditsnya

Untuk itu, perhatikanlah sholat kita, apakah sudah sesuai dengan yang islam ajarkan ataukah belum?

Salah satu hal penting untuk menegakan shalat adalah wudhu. Wudhu merupakan salah satu syarat sah sholat.

Jika kita melalaikan wudhu kita, maka secara otomatis shalat kita juga tidak akan sah. Maka sudah sepantasnya untuk memperhatikan wudhu kita, apakah sudah sesuai dengan yang diajarkan islam ataukah belum.

Humran pembantu Utsman menceritakan bahwa Utsman bin Affan radhiallahu ‘anhu pernah meminta air untuk wudhu kemudian dia ingin berwudhu.

BACA JUGA:Ini Daftar Negara Dengan Pria Paling Setia di Dunia, Adakah Indonesia?

Beliau membasuh kedua telapak tangannya 3 kali, kemudian berkumur-kumur diiringi memasukkan air ke hidung, kemudian membasuh mukanya 3 kali, kemudian membasuh tangan kanan sampai ke siku tiga kali, kemudian mencuci tangan yang kiri seperti itu juga, kemudian mengusap kepala, kemudian membasuh kaki kanan sampai mata kaki tiga kali, kemudian membasuh kaki yang kiri seperti itu juga.

Kemudian Utsman berkata, bahwa Aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berwudhu seperti wudhuku ini. Kemudian beliau bersabda, “Barangsiapa berwudhu seperti wudhuku ini kemudian dia shalat dua rakaat dengan khusyuk (tidak memikirkan urusan dunia dan yang tidak punya kaitan dengan shalat), maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu”. (H.R. Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:Tabel Angsuran KUR Mandiri 2024, Plafon Pinjaman Rp 50-100 Juta, Tenor 1 Hingga 5 Tahun dan Bunga 0.5 Persen

Ibnu Syihab berkata, “Ulama kita mengatakan bahwa wudhu seperti ini adalah contoh wudhu yang paling sempurna yang dilakukan seorang hamba untuk shalat”. 

Adapun dalam suatu hadits, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Jika tidak memberatkan umatku, (pasti) akan aku perintahkan kepada mereka untuk bersiwak setiap kali berwudhu” (H.R. Bukhari).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: