Iklan dempo dalam berita

Telur Rebus Setengah Matang, Begini Cara Merebus Telur Stengah Matang yang Sempurna

Telur Rebus Setengah Matang, Begini Cara Merebus Telur Stengah Matang yang Sempurna

Telur Rebus Setengah Matang, Begini Cara Merebus Telur Stengah Matang yang Sempurna--Foto: ist

Namun, hindari bentuk telur yang terlalu lonjong. Telur yang berbentuk terlalu lonjong menandakan kuning telur yang kecil. Padahal sebagian besar nutrisi telur berada pada bagian kuning telur.

BACA JUGA:Mana Lebih Dulu, Telur atau Ayam? Begini Jawaban Gus Baha Menurut Pandangan Islam

2. Pilih Telur yang Ukurannya Sedang

Ciri ciri telur yang baik selanjutnya, Anda lebih baik memilih ukuran sedang saja. Telur yang kecil menandakan bahwa telur dihasilkan dari ayam yang masih muda. Oleh karenanya, nutrisi yang dikandungnya juga belum maksimal. Dari segi cita rasa telur kecil juga kurang nikmat.

Di sisi lain, telur yang berukuran terlalu besar juga menandakan adanya kondisi tidak normal yang dialami ayam. Ditambah lagi, telur yang besar tidak menjamin gizinya lebih banyak.

3. Lihat Bagaimana Warnanya

Poin berikutnya adalah perhatikan warna telur yang baik. Ciri telur ayam yang baik dan normal biasanya terlihat cerah, tidak berbintik, dan berwarna lebih pekat. Hal ini menjadi pertanda bahwa telur masih segar dan baru saja menetas.

Kalau sudah lama disimpan, biasanya akan muncul bercak hitam pada cangkang telur. Bintik hitam ini merupakan jamur yang tumbuh pada permukaan cangkang.

Biasanya bintik itu terlihat di beberapa bagian kecil saja. Inilah alasan mengapa Anda harus hati-hati saat memilih.

BACA JUGA:Lebih Sehat Telur Dadar, Telur Ceplok atau Telur Rebus? Yuk Cari Tahu

4. Pastikan Tidak Ada Retakan dan Lendir

Cara memilih telur yang baik berikutnya adalah dengan memeriksa adanya retakan dan lendir pada permukaan cangkang. Telur memang rawan retak, terutama saat dalam pengiriman terjadi guncangan yang membuat cangkang telur rusak.

Telur yang sudah retak membuat celah untuk bakteri bisa masuk ke dalam telur. Apalagi jika telur sampai berlendir. Dua hal ini menjadi pertanda bahwa telur sudah terkontaminasi bakteri.

5. Rasakan Tekstur Cangkang

Ciri telur ayam yang normal dan baik juga bisa terlihat dari bentuk cangkangnya. Pilih yang tampak bersih, tidak ada kotoran sama sekali. Hal ini biasanya berpengaruh ke kebersihan karena kotoran bisa menginfeksi telur tersebut, sehingga kualitasnya menjadi kurang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: