Iklan dempo dalam berita

Telur Rebus Setengah Matang, Begini Cara Merebus Telur Stengah Matang yang Sempurna

Telur Rebus Setengah Matang, Begini Cara Merebus Telur Stengah Matang yang Sempurna

Telur Rebus Setengah Matang, Begini Cara Merebus Telur Stengah Matang yang Sempurna--Foto: ist

Namun, jangan terkecoh dengan cangkang mengkilap ya, justru itu adalah produk lama. Lalu bagaimana dengan yang baru?

Telur yang masih baru biasanya agak kasar dan pada permukaan terdapat butiran putih halus, selain itu kalau disentuh terasa kasar. Jadi, harus perhatikan dengan benar, rasakan menggunakan telapak tangan secara perlahan agar tidak salah.

BACA JUGA:Prabowo Paling Suka Nasi Goreng dengan Toping Telur Dadar, Ini Resepnya, Yuk Cobain!

6. Cek Berat Telur dan Coba Diguncang

Ciri berikutnya bisa dilihat dari beratnya. Anda bisa membandingkan berat dari beberapa telur menggunakan tangan. Jika telur terasa berat dibanding telur lain, berarti keadaannya masih sangat segar. Kalau ringan maka kondisi telur sudah lama disimpan.

Anda juga bisa mengeceknya dengan mengguncangnya. Jika telur terasa padat saat diguncang, berarti putih telur masih kental dan kuning telur terkunci di dalam putihnya. Hal ini menandakan telur masih baru.

Namun jika saat diguncang terasa ringan dan mengeluarkan suara, berarti putih telur sudah encer sehingga menandakan telur sudah lama, dan kemungkinan terburuknya telur sudah busuk.

7. Cium Aroma Telur

Mencium bau adalah metode paling umum dalam menentukan kondisi sebuah produk. Anda bisa mendekatkan telur ke hidung Anda, lalu cium aromanya. Biasanya produk segar tidak akan ada bau sama sekali. Aroma yang amis atau busuk adalah ciri ciri telur busuk.

Meskipun cangkang telur rapat, aroma amis tetap bisa tercium bila telur sudah busuk. Pastikan indera penciuman Anda sedang tidak terganggu saat mencobanya.

BACA JUGA:Konsumsi Telur Dadar Bisa Sebabkan Penyakit Kanker dan Diabetes, Benarkah? Ayo Cek Faktanya

8. Tes Telur di Dalam Air

Ciri telur ayam yang baik dan normal selanjutnya adalah telur tenggelam dalam air. Anda bisa melakukan tes dengan cara merendam telur di dalam air.

Telur yang bagus adalah telur yang tenggelam di dalam air. Jika telur tenggelam dan dalam posisi tertidur, maka berarti telur masih baru. Hal ini karena putih telur masih kental sehingga lebih berat. Dengan cara ini, Anda perlu memperhatikannya dengan teliti.

Jika ujung telur sudah agak terangkat, maka telur sudah disimpan beberapa waktu, tapi masih layak dikonsumsi. Namun jika telur sudah betul-betul mengambang, maka telur sudah rusak bahkan busuk. Jangan konsumsi telur yang seperti ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: