Iklan dempo dalam berita

Berusia Lebih dari 2 Abad, Ternyata Begini Isi dari Kitab Primbon Jawa Kuno Mangkuprajan

Berusia Lebih dari 2 Abad, Ternyata Begini Isi dari Kitab Primbon Jawa Kuno Mangkuprajan

Kitab Primbon Jawa Kuno Mangkuprajan--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ternyata, begini isi dari kitab primbon Jawa Kuno Mangkuprajan.

Kepercayaan masyarakat Jawa pada perhitungan atau ramalan tentang sifat atau hari baik dan hari nahas selalu menarik diikuti. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, kalian perlu mengenal primbon Jawa Kuno.

BACA JUGA:Dijamin Ampuh! Berikut 9 Tanaman Herbal untuk Kesehatan Jantung

Kitab Mangkuprajan merupakan salah satu primbon Jawa Kuno yang terkenal. Kitab yang sudah berusia lebih dari dua abad ini mengandung banyak catatan-catatan penulisnya, yakni K.R.A. Mangkupraja.

Kitab primbon yang kini sudah berusia lebih dari 2 abad itu masih tersimpan di Museum Radya Pustaka Surakarta.

Kitab karya K.R.A. Mangkupraja itu ditulis sekitar tahun 1785-1815 saat Kraton Surakarta dipimpin oleh Pakubuwono IV. Isi dari kitab ini ditulis dalam dua huruf, yakni Jawa Kuno dan pegon. Pegon merupakan aksara Arab yang digunakan untuk menulis naskah dalam bahasa Jawa.

BACA JUGA:Cara Bayar PBB Lewat BRImo, Mudah Cukup Lewat HP, Simak 8 Langkah Pembayaran dan Syaratnya

Kitab yang berisi 327 halaman ini terbuat dari dluwang gendhong atau kertas dari kulit kayu Panaraga. Terbagi menjadi 28 bagian, kitab ini berisi catatan-catatan Mangkupraja tentang berbagai hal. Mulai dari Keraton Kasunanan Surakarta hingga doa-doa dan mantra tentang pengasihan dan pengobatan.

Selain isi dan sejarahnya yang kerap mengundang rasa penasaran, ternyata ada beberapa fakta unik tentang Primbon Jawa Kuno Mangkuprajan ini. Melansir dari beberapa sumber, berikut ini beberapa fakta unik yang bisa kalian simak.

1. Sudah Rapuh

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kitab Primbon Mangkuprajan sudah berusia sangat tua, lebih dari 2 abad. Wajar jika bahan kulit kayu yang digunakan sudah rapuh. Beberapa lembar kertas juga hampir lepas dari penjilidan.

BACA JUGA:Bantuan UMKM 2024 Sudah Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftar, Bisa Melalui Online Lewat HP

2. Berisi Banyak Doa dan Mantra

Kitab Primbon Mangkuprajan diketahui berisi doa, rajah, ramalan, mantra, filsafat, dan sejarah dinasti Jawa. Kitab tersebut juga terkenal punya mantra pengasihan atau pelet asmara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: