Iklan dempo dalam berita

Ahli dari Australia Teliti Harta Karun di Seluma Bengkulu, Lokasinya di Daerah Berikut

Ahli dari Australia Teliti Harta Karun di Seluma Bengkulu, Lokasinya di Daerah Berikut

Cadangan emas di Kabupaten Seluma pernah diteliti ahli dari Australia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Kabar harta karun cadangan emas di Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu sudah diketahui dunia. 

Bahkan tidak hanya ahli dalam negeri, para ahli dari luar negeri juga pernah melakukan penelitian untuk memastikan cadangan dan beberapa hal lainnya.

Untuk diketahui Kabupaten Seluma merupakan salah satu wilayah kabupaten di Provinsi Bengkulu, Indonesia dengan Ibu kotanya adalah Tais.

Kabupaten Seluma terbentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 3 Tahun 2003.

BACA JUGA:Intip Lokasi Harta Karun Penghasil Minyak Bumi di Jawa Barat, Mampu Produksi 123.000 Barel Minyak Per Hari

Kabupaten Seluma ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Bengkulu Selatan. Bahasa asli yang biasa dipakai sehari-hari selain bahasa Indonesia adalah bahasa suku Serawai.

Kabupaten Seluma saat ini tengah menjadi sorotan, lantaran diam-diam memiliki kekayaan alam yakni berupa potensi emas yang masih terkandung di dalamnya.

Kabupaten Seluma sejak lama diketahui memiliki sumber daya mineral terbesar berupa emas di pulau Sumatera ini. 

Namun hingga saat ini belum dapat dieksploitasi, karena masih banyak proses dan belum terbitnya izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, lantaran lokasi kandungan mineral emas, perak, tembaga, perunggu, dan logam lainnya terkandung diperut bumi seluas 30 ribu hektare berada di kawasan hutan lindung.

BACA JUGA:Ini Peta Harta Karun Berkilo-kilo Emas di Sumatera Barat, Peninggalan Kolonial Belanda

Hal ini terarsip di Dinas ESDM Seluma di tahun 2005 lalu, ketika Asisten III Pemkab Seluma Riduan Sabrin menjabat sebagai Kepala Dinas ESDM Kabupaten Seluma ketika itu.

“Dahulu pernah dieksplorasi pertama kali oleh salah satu perusahaan lokal dari Jakarta yakni PT. Energi Swa Dinamika Muda, yang melakukan penelitian dengan tim ahlinya dari Australia, untuk meneliti lebih detail tanah yang memiliki kandungan emas terbesar se-Sumatera, yakni di Kabupaten Seluma,” terang Riduan Sabrin.

Menindaklanjuti hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Seluma saat ini tengah fokus untuk melakukan perubahan Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang telah ada. 

Hal ini penting dilakukannya, lantaran ada banyaknya potensi yang dapat didulang oleh Pemkab Seluma, dan saat ini sudah ada beberapa usulan revisi perda yang telah disampaikan agar dilakukan pembahasan lebih mendalam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: