Iklan dempo dalam berita

Muslim Harus Tahu, Ini Doa Menguburkan Jenazah, Pahami juga Adab Mengiringi Jenazah Menuju Pemakaman

Muslim Harus Tahu, Ini Doa Menguburkan Jenazah, Pahami juga Adab Mengiringi Jenazah Menuju Pemakaman

Doa Menguburkan Jenazah--

Kalimat ini bagus diucapkan oleh para pelayat karena mengingatkan keimanan kepada Allah dan rasul-Nya dan dapat menciptakan suasana khidmat dan khusyu’ di antara para pengiring jenazah.   

BACA JUGA:Ingin Berkurban di Tahun Ini? Cek Ciri-ciri Sapi dan Kambing yang Layak untuk Dikurbankan

4. Memperhatikan jenazah dengan mengambil pelajaran darinya.

Memperhatikan jenazah secara seksama adalah penting bagi siapa saja karena akan mengingatkan bahwa setiap yang hidup akan mati. 

Tetapi kematian bukanlah akhir. Ia justru merupakan awal dari kehidupan yang sesungguhnya di mana setiap orang akan dimintai pertanggung jawaban atas kehidupan yang mereka jalani di dunia.   

BACA JUGA:Begini Hukum Arisan Kurban! Cek juga Larangan Bagi Orang yang akan Berkurban

Diharapkan dengan mengambil pelajaran dari orang yang meninggal para pengiring jenazah dapat bersikap lebih hati-hati terutama jangan sampai hidupnya berakhir buruk. Siapapun yang akhir hidupnya buruk sudah pasti akan berurusan dengan neraka kelak di akherat.   

BACA JUGA:Mana Lebih Bagus Kurban Sapi Atau Kambing? Ternyata Begini Penjelasannya

5. Memikirkan pertanyaan dalam kubur yang harus dijawabnya

Para pengiring jenazah hendaknya memikirkan enam pertanyaan yang akan diajukan oleh malaikat Munkar dan Nakir kepada mayit di dalam kubur. 

Keenan itu adalah siapa Tuhanmu, apa agamamu, siapa nambimu, apa kitabmu, dimana kiblatmu, dan siapa saudara-saudaramu. Keenam itu penting untuk diingat dan dimengerti jawabannya. 

BACA JUGA:Punya Banyak Keutamaan, Ini Arti Surah Yusuf Ayat 4 dan Cara Mengamalkannya

Namun cara mengingatnya bukan dengan menghafalkan satu per satu dari keenam pertanyaan itu beserta jawabannya tetapi dengan melaksanakan perintah Allah secara istiqamah khususnya shalat lima waktu. 

Shalat adalah salah satu kunci sukses untuk menjawab keenam pertanyaan tersebut sebab jawaban dari masing-masing pertanyaan itu terintergrasi di dalam pelaksanaan shalat.

BACA JUGA:Amalan dari Abah Sekumpul, Air Putih Bisa Jadi Obat Penyakit, Ini Doanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: