Iklan dempo dalam berita

Ini Potensi Harta Karun Migas Raksasa di Sumatera Utara, di Sini Lokasinya

Ini Potensi Harta Karun Migas Raksasa di Sumatera Utara, di Sini Lokasinya

Ini Potensi Harta Karun Migas Raksasa di Sumatera Utara, di Sini Lokasinya--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Ini potensi harta-karun migas di Sumatera Utara, di sini lokasinya.

Pulau Sumatera terletak di sebelah barat gugusan pulau di Indonesia. Berdasarkan data Sensus Penduduk Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, jumlah penduduk di Pulau Sumatera 58,56 juta jiwa atau 21,68 persen.

BACA JUGA:Ahli dari Australia Teliti Harta Karun di Seluma Bengkulu, Lokasinya di Daerah Berikut

Jumlah penduduk di Pulau Sumatera merupakan kedua terbesar di Indonesia.

Luas Pulau Sumatera adalah 473.481 km2 dengan batas wilayah di sebelah utara adalah Teluk Benggala, di sebelah selatan adalah Selat Sunda, di sebelah barat adalah Samudera Hindia, dan di sebelah timur adalah Selat Malaka dan Selat Karimata. Pulau Sumatera terdapat 10 provinsi, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Kepulauan Riau, Lampung, Jambi, Bengkulu, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Pulau Sumatera memiliki banyak potensi alam. Sebutkan potensi yang dimiliki oleh Sumatera adalah pertanyaan untuk menyebutkan macam-macam potensi Pulau Sumatera.

BACA JUGA:Intip Lokasi Harta Karun Penghasil Minyak Bumi di Jawa Barat, Mampu Produksi 123.000 Barel Minyak Per Hari

Potensi Pulau Sumatera ada bermacam-macam. Contohnya adalah tambang, perkebunan, dan pariwisata. Setiap provinsi di Sumatera memiliki potensinya masing-masing.

Berikut ini macam-macam potensi alam Pulau Sumatera

1. Perkebunan

Sumatera memiliki banyak potensi hasil perkebunan. Hasil utamanya antara lain karet, kopi, lada, cokelat, kelapa sawit, tembakau, teh, serta kayu manis. Daerah utama perkebunan karet adalah provinsi Sumatera Utara, Daerah Istimewa Aceh, Riau, dan Lampung.

BACA JUGA:Potensi Harta Karun Daerah Penghasil Minyak Bumi di Sulawesi, Dimana Saja Ladang Minyak Buminya

2. Kehutanan

Pulau Sumatera memiliki kawasan hutan yang luas. Hasil utama adalah kayu. Hasil lainnya mencakup rotan, getah, perca, dan kopi. Hutan di Sumatera dihuni berbagai satwa langka seperti gajah, harimau, beruang, dan badak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: