Iklan dempo dalam berita

Segini Penemuan Harta Karun Cadangan Emas di Bombana Sulawesi Tenggara, Cek Lokasinya Berikut

Segini Penemuan Harta Karun Cadangan Emas di Bombana Sulawesi Tenggara, Cek Lokasinya Berikut

Lokasi dan jumlah cadangan emas di Bombana, Sulawesi Tenggara--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMSegini penemuan harta karun cadangan emas di Bombana Sulawesi Tenggara, cek lokasinya berikut.

Pertambangan merupakan sebuah rangkaian kegiatan dalam rangka upaya pencarian, penggalian, pengolahan, hingga penjualan bahan galian seperti bantubara, mineral, nikel, migas, dan lain sebagainya. Tambang sendiri adalah tempat terjadinya aktivitas penambangan.

Keberadaan perusahaan tambang yang ada di Indonesia akan memproduksi sumber daya alam maupun kandungan mineral seperti pengelolaan bahan bakar mineral logam hingga bebatuan. Adapun aktivitas perusahaan tambang sangatlah banyak.

BACA JUGA:Harta Karun Timah di Riau, Berikut Lokasi dan Jumlah Cadangannya, Auto Kaya

Mulai dari penelitian, penyelidikan, eksplorasi, pemurnian, studi, pengangkutan, hingga penjualan. Seluruh aktivitas pengelolaan sumber daya alam ini dilakukan oleh industri pertambangan. Tentunya, rangkaian proses pada industri tersebut akan dilakukan berdasarkan ilmu pertambangan.

Di Sulawesi Tenggara, terdapat potensi tambang emas yang tersebar di beberapa kabupaten. Daftar nama perusahaan tambang emas dan lokasi pertambangan emas di Sulawesi Tenggara tersebar di Kabupaten Bombana dan Kabupaten Konawe.

Kabupaten Bombana memiliki potensi kandungan emas yang signifikan, dengan total cadangan emas mencapai 540 ribu ton.

BACA JUGA:7 Mitos Burung Puter Coklat, Salah Satunya untuk Pesugihan

Selain Bombana, potensi kandungan emas juga terdapat di lima kabupaten lainnya di Sulawesi Tenggara, yaitu Kolaka Utara, Kolaka, Konawe, Konawe Selatan, dan Bombana.

Pada pertengahan tahun 2008 lalu, terjadi “booming” pendulangan emas oleh masyarakat di daerah Bombana, Sulawesi Tenggara. Penemuan butiran emas dimulai di daerah Sungai Tahi Ite dan sekitarnya.

Angka kandungan emas minimum dan maksimum di Kabupaten Bombana adalah 0,16405 g/m³ dan 22,12 g/m³. Sumber daya emas sekunder minimum mencapai 196,53 kg dan maksimum 26.499,76 kg (setara dengan 26,50 ton).

Prospek endapan emas tipe alluvial di daerah ini dapat dimanfaatkan melalui proses penambangan rakyat yang mengikuti alur sungai-sungai yang berhulu di daerah bukit Tangkeno Wumbubangka.

BACA JUGA:Masyarakat Sumatera Barat Bisa Kaya Raya, Ini Lokasi dan Cadangan Harta Karun Emas di Tanah Minang

Sementara itu, seperti yang diketahui, ada banyak usaha pertambangan sudah berdiri di Indonesia. Tentu saja, perusahaan tambang di Sulawesi Tenggara ini akan memberikan peran dan manfaat tersendiri dalam sebuah negara. Agar lebih jelas, maka simak beberapa manfaat lengkapnya di bawah ini:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: