Iklan dempo dalam berita

Siapa Sangka! di Sumbar Tersimpan Harta Karun Bijih Besi 72 Juta Metrik Ton, Ini Perusahaan Penggarapnya

Siapa Sangka! di Sumbar Tersimpan Harta Karun Bijih Besi 72 Juta Metrik Ton, Ini Perusahaan Penggarapnya

Siapa Sangka! di Sumbar Tersimpan Harta Karun Bijih Besi 72 Juta Metrik Ton, Ini Perusahaan Penggarapnya--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Siapa Sangka! di Sumbar tersimpan harta-karun bijih besi 72 juta metrik Ton, ini perusahaan penggarapnya.

Sumatera Barat (disingkat Sumbar) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan ibu kota Padang. 

Provinsi Sumatera Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai. 

BACA JUGA:Wow! Gunung Semeru Disebut Simpan Harta Karun Milik Jepang Bernilai Triliunan Rupiah, Ada Kisah di Baliknya

Dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.012,89 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Sumber daya alam yang ada di Sumatera Barat adalah berupa batubara, batu besi, batu galena, timah hitam, seng, mangan, emas, batu kapur (semen), kelapa sawit, kakao, gambir dan hasil perikanan.

Harta Karun Bijih Besi 72 Juta Metrik Ton di Sumbar

Melansir laman bisnis, Provinsi Sumatera Barat yang memiliki kawasan hutan yang begitu luas diketahui menyimpan sumber daya bijih besar yang cukup besar dengan kadar besi (Fe) yang terbilang bagus.

BACA JUGA:Lokasi Harta Karun Emas di Lumajang Jawa Timur, Ini Lokasi Detailnya

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumbar Herry Martinus mengatakan bicara soal tambang bijih besi, untuk kewenangan mulai dari izin hingga pengawasan berada di pemerintah pusat.

Diakuinya bahwa ESDM Sumbar tidak mempunyai data yang pasti terkait sebaran tambang bijih besi, karena pemerintah daerah tidak punya wewenang untuk turun ke lapangan melakukan pemetaan potensi bijih besi tersebut. 

Namun berdasarkan data yang didapatkan ESDM Sumbar dari sejumlah perusahaan yang melakukan survei sumber daya bijih besi di wilayah Sumbar, ternyata ditemukan sumber daya atau potensi bijih besi sebesar 75 juta metrik ton (MT) dengan kadar Fe 62%.

BACA JUGA:Kota Kecil di Sumatera Barat Ini Ternyata Punya Harta Karun Emas Hitam, Ada di 4 Titik Lokasi

"75 juta MT ini berada di luar hutan lindung. Kalau masuk hutan lindung sumber dayanya diperkirakan lebih dari 100 juta MT. Tapi untuk di kawasan hutan lindung dipastikan tidak akan diberi izin," katanya, Senin (29/1/2024) lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: