Iklan dempo dalam berita

Di Bangka Belitung Ada Harta Karun Bernilai Triliunan Rupiah, Peninggalan Dinasti Tang

Di Bangka Belitung Ada Harta Karun Bernilai Triliunan Rupiah, Peninggalan Dinasti Tang

Di Bangka Belitung Ada Harta Karun Bernilai Triliunan Rupiah, Peninggalan Dinasti Tang --Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Di Bangka Belitung ada harta-karun bernilai triliunan rupiah, peninggalan dinasti Tang.

Di sebelah timur Pulau Sumatera, dekat dengan Provinsi Sumatera Selatan, terdapat dua pulau bernama Pulau Bangka dan Pulau Belitung. 

Kedua pulau ini merupakan pulau-pulau utama yang membentuk wilayah Provinsi Bangka Belitung atau disingkat Babel. Selain itu terdapat pulau-pulau kecil seperti P. Lepar, P. Pongok, P. Mendanau dan P. Selat Nasik, total pulau yang telah bernama berjumlah 470 buah dan yang berpenghuni hanya 50 pulau. Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah dan memiliki pantai-pantai yang indah.

BACA JUGA:17,6 Miliar Ton Harta Karun Nikel di Indonesia, Tersimpan di 5 Lokasi Termasuk Sumatera

Dahulu, Bangka Belitung sempat menjadi daerah jajahan Inggris dan kemudian diserahterimakan kepada pemerintah Belanda di Muntok pada tanggal 10 Desember 1816. 

Pada masa penjajahan Belanda, terjadilah perlawanan yang terus-menerus yang dilakukan oleh Depati Barin kemudian dilanjutkan oleh puteranya yang bernama Depati Amir dan berakhir dengan pengasingan ke Kupang, Nusa Tenggara Timur oleh Pemerintahan Belanda.

Setelah kemerdekaan, Bangka Belitung menjadi bagian dari Provinsi Sumatera Selatan. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kemudian ditetapkan sebagai provinsi ke-31 oleh Pemerintah Republik Indonesia berdasarkan Undang-Undang No. 27 Tahun 2000 tentang Pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pemerintahan pertama provinsi ini dilantik pada tanggal 9 Februari 2001

BACA JUGA:Lumpur Lapindo Sidoarjo Simpan Harta Karun Lithium, Juga Ada di Jawa Tengah

Harta Karun Peinggala Dinasti Tang di Bangka Belitung

Bangka Belitung menyimpan harta karun dalam jumlah banyak, ini lokasinya. Kepulauan Bangka Belitung. 

Sebuah provinsi di Indonesia, terdiri dari dua pulau utama, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung, serta ratusan pulau kecil.

Total pulau yang telah diberi nama mencapai 470 pulau, tetapi hanya 50 pulau yang berpenghuni.

Bangka Belitung tidak hanya menjadi sebuah provinsi, tetapi juga memiliki sejarah yang kaya. Salah satu momen bersejarahnya adalah penemuan harta karun terbesar pertama di Indonesia, yaitu harta Dinasti Tang.

BACA JUGA:Harta Karun Paling Langka dan Diminati Dunia Ada di Indonesia, Lokasinya Ada di Ibu Kota Sulbar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: