Iklan dempo dalam berita

Harta Karun Cair Lumbung Energi Nasional, Ini Potensi dan Lokasi Cadangan Minyak Bumi di Jawa Timur

Harta Karun Cair Lumbung Energi Nasional, Ini Potensi dan Lokasi Cadangan Minyak Bumi di Jawa Timur

Potensi dan Lokasi Cadangan Minyak Bumi di Jawa Timur--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Harta karun cair lumbung energi nasional, ini potensi dan lokasi cadangan minyak bumi di Jawa Timur.

BACA JUGA:Harta Karun Senilai Rp 30.000 Triliun Masih Tersimpan di Papua, Belum Digarap dan Lokasinya Berisiko

Provinsi Jawa Timur, dengan kontribusi produksi minyak bumi dan kondensat mencapai 225.000 Barrel Oil Per Day (BOPD) dan gas bumi sebesar 504 Million Metric Standard Cubic Feed Day (MMSCFD) pada tahun 2022, membentuk tulang punggung energi nasional, menghasilkan sekitar sepertiga dari total produksi nasional yang mencapai 650.000 Barrel Oil Per Day. 

BACA JUGA:Harta Karun 1,2 Juta Ton Nikel di Indonesia yang Masih Tersimpan dan Belum Tergarap, Berapa Kalau Dirupiahkan?

Bagi sahabat camkoha yang belum tahu apa itu minyak bumi, jadi, minyak bumi adalah sumber daya alam cair yang terbentuk dari sisa-sisa organisme laut dan darat yang terkubur dalam lapisan bumi selama jutaan tahun. 

Proses alami ini mengubah bahan organik menjadi campuran kompleks senyawa hidrokarbon dan non-hidrokarbon, yang dikenal sebagai minyak bumi.

Senyawa ini mengandung unsur-unsur seperti karbon, hidrogen, oksigen, sulfur, halogenida, dan logam dalam berbagai proporsi. 

BACA JUGA:Harta Karun 1 Juta Ton Emas yang Belum Tergarap ada di Pulau Sumatera, Berada di Kawasan Bukit

Proses pembentukan minyak bumi dimulai ketika organisme seperti hewan, tumbuhan, dan jasad renik mati terkubur dalam lapisan bumi dan mengalami pelapukan selama jutaan tahun. 

Tekanan dan panas bumi kemudian mengubah sisa-sisa organisme ini menjadi minyak bumi dan gas alam. Minyak bumi memiliki berbagai manfaat, termasuk sebagai bahan bakar, bahan dasar untuk produk kimia, pemanasan dan pendinginan, bahan konstruksi, dan banyak lagi.

BACA JUGA:Harta Karun Cair, Ini Lokasi dan Potensi Cadangan Minyak Bumi Kalimantan Timur

Demikianlah yang diungkapkan oleh Gunawan, Assisten Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Jatim, saat acara penandatanganan kesepakatan bersama terkait pengelolaan Participating Interest (PI) 10% Migas Wilayah Kerja (WK) Tuban dan WK Brantas di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, beberapa waktu lalu. 

BACA JUGA:Berlimpah Harta Karun Cair Ribuan Barel! Ini Potensi dan Titik Lokasi Cadangan Minyak Bumi di Riau

Gunawan juga menyoroti kontribusi signifikan Jawa Timur terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui dana bagi hasil migas yang mencapai sekitar ± 2 Triliun Rupiah pada Tahun 2021. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: