Iklan dempo dalam berita

Harta Karun Sumatera Barat! Potensinya 50 Kg Emas Setiap Hari, Ini Lokasinya

Harta Karun Sumatera Barat! Potensinya 50 Kg Emas Setiap Hari, Ini Lokasinya

Potensi dan lokasi emas di Sumatera Barat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Harta karun Sumatera Barat! Potensinya 50 Kg emas setiap hari, ini lokasinya.

Indonesia terkenal dengan sumber daya alam berupa logam yang sangat melimpah, salah satunya yaitu emas.

Data dari Ditjen Minerba Kementerian ESDM mengungkapkan bahwa pada tahun 2021, Indonesia telah menghasilkan sekitar 117,5 ton emas dan hal tersebut berhasil menempatkan Indonesia sebagai negara penghasil emas terbesar nomor 9 di dunia.

BACA JUGA:Menakjubkan, Ternyata Diam-diam Lampung Menyimpan Harta Karun Emas Sebayak Ini, Berikut Lokasinya

Provinsi Sumatera Barat, yang terletak di bagian barat Pulau Sumatera, menyumbang sekitar 3,58 % dari total cadangan emas yang diperkirakan ada di Indonesia. 

Daerah Padang Aro, Solok, khususnya Solok Selatan, Sawulontho serta banyak daerah lain yang mengandung emas. 

Kurang lebih potensi tambang emas di Solok Selatan mampu menghasilkan 50 kg sehari berdasarkan dara dari Dinas Pertambangan dan Energi Sumatra Barat di tahun 2013.

Jika dikelola dengan baik untuk kesejahteraan rakyat, tentu saja tambang emas ini akan meningkatkan taraf perekonomian penduduk di sekitarnya karena jika dirupiahkan nilai ini cukup besar dan bisa mencapai Rp 25 miliar.

BACA JUGA:Di BCA PayLater Kamu Bisa Dapat Bunga Pinjaman Nol Persen, Ini Syarat dan Ketentuannya

Di kiri dan kanan gunung Bukit Barisan juga terdapat banyak emas, terutama emas aluvial. Di beberapa daerah seperti Sulit Air, Sibarambang, Sungai Sumpahan, Lanawang, dan Pinti Kayu Gadang terdapat deposit tembaga yang berpotensi mengandung emas. Daerah-daerah ini sedang dalam tahap eksplorasi. 

Sumatera Barat bukanlah tempat yang mudah bagi perusahaan untuk melakukan penambangan. Penduduk setempat dikenal sering melakukan protes setelah izin dikeluarkan dan hasil produksi mencapai jumlah yang signifikan.

Sehingga banyak perusahaan yang mulai melakukan penambangan di Sumatera Barat tetapi kemudian menghentikan operasinya. Ini mungkin mengindikasikan bahwa operasi penambangan skala kecil lebih layak dilakukan di sana. 

BACA JUGA:Belanja Mudah di Shopee Pakai PayLater, Pengguna Wajib Tahu Risiko Jika Tidak Bayar Tagihan

Potensi tambang emas yang ada di Sumatera Barat tentu mengubah perekonomian masyarakat, di mana sebelumnya mayoritas hanyalah petani dan pekebun tetapi berubah menjadi penambang emas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: