Iklan dempo dalam berita

Bikin Kaget! Potensi Harta Karun Bijih Besi Sumatera Barat hingga 75 MT Ton, Lokasinya di Sini

Bikin Kaget! Potensi Harta Karun Bijih Besi Sumatera Barat hingga 75 MT Ton, Lokasinya di Sini

Lokasi bijih besi di Sumatera Barat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Bikin kaget! Potensi harta karun bijih besi Sumatera Barat hingga 75 MT ton, lokasinya di sini.

Sumatera Barat merupakan sebuah provinsi yang dikenal dengan keindahan alamnya, rupanya menyimpan harta karun di balik hutan-hutannya yang luas. Selain menjadi surga bagi pecinta alam, wilayah ini juga menyimpan potensi sumber daya alam berupa bijih besi.

BACA JUGA:7 Tips Bagi Jemaah Haji agar Tidak Tersesat saat Beribadah di Tanah Suci

Bijih besi merupakan batuan yang mengandung mineral besi dan beberapa mineral gangue seperti silika, alumina, magnesia, dan lain-lain. Dalam bijih besi, tersusun oksigen dan atom besi yang berikatan satu sama lain dalam sebuah molekul. 

Provinsi Sumatra Barat yang memiliki kawasan hutan yang begitu luas diketahui menyimpan sumber daya bijih besar yang cukup besar dengan kadar besi (Fe) yang terbilang bagus.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumbar Herry Martinus mengatakan bicara soal tambang bijih besi, untuk kewenangan mulai dari izin hingga pengawasan berada di pemerintah pusat. 

BACA JUGA:Berencana Kredit Emas di Akulaku? Ini 5 Daftar Pilihan Tokonya, Bisa Beli Offline

Diakuinya bahwa ESDM Sumbar tidak mempunyai data yang pasti terkait sebaran tambang bijih besi, karena pemerintah daerah tidak punya wewenang untuk turun ke lapangan melakukan pemetaan potensi bijih besi tersebut.  

Potensi pengembangan pertambangan bijih besi antara lain terdapat di Kabupaten Solok, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, Kabupaten Sijunjung, dan Kabupaten Pasaman

Berdasarkan data yang didapatkan ESDM Sumbar dari sejumlah perusahaan yang melakukan survei sumber daya bijih besi di wilayah Sumbar, ternyata ditemukan sumber daya atau potensi bijih besi sebesar 75 juta metrik ton (MT) dengan kadar Fe 62%. 

BACA JUGA:Wasit VAR Asal Thailand Kecewakan Masyarakat Indonesia, Selebritis Jirayut Ikut Jadi Sasaran

"75 juta MT ini berada di luar hutan lindung. Kalau masuk hutan lindung sumber dayanya diperkirakan lebih dari 100 juta MT. Tapi untuk di kawasan hutan lindung dipastikan tidak akan diberi izin," ungkap Herry Martinus selaku Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

Dia menjelaskan kondisi yang terjadi kini, dari sumber daya 75 juta MT bijih besi itu, ada perusahaan yang telah menggarapnya dengan izin yang dimiliki perusahaan tambang bijih besi sudah ada sejak tahun 2015 lalu.

Dari data yang dimiliki ESDM Sumbar itu, potensi bijih besi yang telah digarap oleh 8 perusahaan yakni mencapai sebesar 35 juta MT di atas lahan 1.561,94 hektar, yang tersebar di empat kabupaten di Sumbar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: