Iklan dempo dalam berita

Kualitasnya Terbaik, Waw! Segini Hasil Harta Karun Tambang Intan Martapura per Tahunnya

Kualitasnya Terbaik, Waw! Segini Hasil Harta Karun Tambang Intan Martapura per Tahunnya

Jumlah cadangan harta karun intan di Martapura dan lokasinya--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMKualitasnya terbaik, segini hasil harta karun tambang intan Martapura per tahunnya.

Salah satu daerah penghasil intan atau berlian terbesar di Indonesia yaitu Martapura yang terletak di Kalimantan Selatan. Kalimantan Selatan termasuk wilayah penghasil intan atau berlian yang telah dikenal oleh masyarakat luas.

Kawasan Martapuran inilah yang mendapat julukan sebagai daerah penyumbang intan atau berlian terbesar di wilayah Indonesia. Di wilayah Martapura dan sekitarnya, terdapat banyak penambangan intan dengan jumlah produksi mencapai 25.093 ton per tahun. 

BACA JUGA:Si Kecil Mungil Kaya Nutrisi, Begini Cara Membuat Air Rebusan Ketumbar untuk Mendapatkan Manfaatnya

Selain itu intan dan berlian di Martapura memiliki kualitas yang baik. Kota Martapura merupakan juga merupakan ibukota Kabupaten Banjar yang terletak di provinsi Kalimantan Selatan.

Pencarian intan di daerah ini dilakukan dengan cara membuat atau menggali lubang didalam tanah yang sudah tentu mengandung intan.

Untuk menghancurkan tanahnya pada mulanya hanya dilakukan dengan tenaga manusia, tetapi sekarang sudah ada yang mempergunakan pompa semprot. 

Pemisahan tanah dengan intan dilakukan dengan dulang (= lingganan) yang terbuat dari kayu. Tempat mendulang batu dan tanah dinamakan pendulangan. 

BACA JUGA:Tabel Angsuran KUR BRI 2024, Pinjaman Rp 75 Juta Angsuran 60 Kali, Syarat Punya Usaha Jalan 6 Bulan

Dimasa yang akan mendatang nanti kemungkinan penambangan intan akan dilakukan dengan cara atau menggunakan mekanik yang lebih canggih lagi untuk menggali intan tersebut.

Intan atau berlian yang dihasilkan di daerah Martapura memiliki kualitas terbaik yang ada di dunia sehingga hasilnya banyak diekspor hingga ke mancanegara. Karena menghasilkan intan atau berlian terbesar, maka kota Martapura mendapatkan julukan sebagai Kota Intan.

Sementara itu, seperti yang kita ketahui, berlian merupakan salah satu aksesoris yang memiliki harga harga fantastis. Jadi, bagi yang ingin membeli jangan lupa memperhatian ciri-ciri berlian asli atau tidak. Karena saat ini sudah banyak berlian palsu yang dijual di pasaran.

Nah, jika kamu tidak ingin kecewa, berikut ini dirangkum dari beberapa sumber, kami berikan bocoran ciri-ciri berlian asli.

BACA JUGA:Terkenal hingga Mancanegara, Ini 7 Daerah Penghasil Tambang Berlian Terbesar di Indonesia, Bengkulu Termasuk?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: