Iklan dempo dalam berita

Sudah Ada Sejak Abad ke 19, Ini Daerah Penghasil Harta Karun Batu Bara di Sumatera Barat

Sudah Ada Sejak Abad ke 19, Ini Daerah Penghasil Harta Karun Batu Bara di Sumatera Barat

Daerah penghasil cadangan harta karun batu bara di Sumatera Barat--

BACA JUGA:Khasiat Daun Pandan Ampuh untuk Menjaga Kesehatan Saraf, Begini Cara Mengolahnya

Berikut ini adalah wisata yang terkenal di Sumatera Barat:

1. Jam Gadang

Tempat wisata Sumatera Barat paling populer yang utama adalah Jam Gadang. Menara jam yang berusia lebih dari 90 tahun tersebut masih mempertahankan bentuk aslinya. 

Pelatarannya yang dihiasi taman dengan pepohonan terawat bisa jadi latar belakang foto menarik. Jam Gadang, menurut beberapa catatan sejarah, dibangun pada 1926 setelah Ratu Belanda memberi mesin jam ini kepada Sekretaris Kota Bukittinggi pada saat itu. 

Pembangunannya dilakukan oleh dua orang arsitek setempat, Yazin dan Sutan Gigi Ameh, dengan menghabiskan dana 3.000 Gulden.

BACA JUGA:Waswas Saat Hujan Turun? Begini Cara Mengatasi Dinding Bocor dan Rembes, Mudah dan Praktis

2. Istano Basa Pagaruyung

Salah satu tempat wisata Sumatera Barat andalan di Tanah Datar adalah Istano Basa Pagaruyung. Istana tersebut merupakan sisa kejayaan Kerajaan Pagaruyung. 

Kendati demikian, ternyata bangunan yang berdiri saat ini bukanlah bangunan asli. Bangunan aslinya berada di Bukit Batu Patah. Bangunan aslinya habis terlahap api, namun beberapa benda peninggalan kerajaan telah diselamatkan dan disimpan dengan baik. 

Bangunan saat ini tidak kalah megah dan menarik dari bangunan aslinya. Saat berkunjung ke sana, kamu bisa menyewa pakaian adat Minang sembari belajar seputar Kerajaan Pagaruyung.

BACA JUGA:Lakukan Secara Rutin! Ini 8 Manfaat Mandi Air Daun Pandan, Penderita Nomor 5 dan 8 Bisa Coba

3. Pantai Air Manis

Malin Kundang merupakan karakter dalam sebuah cerita rakyat yang terkenal durhaka kepada ibunya setelah menjadi kaya. Akibat perlakuannya yang membuat ibunya sakit hati, dia pun dikutuk jadi batu. Hingga saat ini, batu yang dirumorkan sebagai Malin Kundang bisa kamu lihat di Pantai Air Manis. 

BACA JUGA:Manfaat Rebusan Daun Sirih Merah, Bisa Atasi Jantung Bengkak, Begini Aturan Minumnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: