Iklan RBTV Dalam Berita

Punya Cadangan Harta Karun Melimpah, 3 Kabupaten Ini Kuasai Pertambangan Batu Bara di Riau

Punya Cadangan Harta Karun Melimpah, 3 Kabupaten Ini Kuasai Pertambangan Batu Bara di Riau

Harta karun batu bara di Riau--

Sementara itu, tambang batu bara memiliki dampak yang signifikan terhadap lingkungan di sekitarnya.

Berikut adalah beberapa efek lingkungan yang terkait dengan penambangan batu bara di Indonesia:

1. Hilangnya Habitat

Banyak area hutan yang telah dikonversi menjadi tambang batubara, mengakibatkan hilangnya habitat bagi berbagai spesies flora dan fauna.

2. Kerusakan Tanah dan Erosi

Penambangan batubara juga mengakibatkan kerusakan tanah dan erosi. Hal ini menyebabkan hilangnya kesuburan tanah dan menurunkan kualitas air tanah.

BACA JUGA:Syarat Pinjaman Non KUR Mandiri 2024, Minimal Umur 21 Tahun, Bisa Ajukan Dana Rp 10-100 Juta

3. Pencemaran Lingkungan

Pembakaran batu bara menghasilkan gas CO2, yang menjadi penyumbang terbesar dalam fenomena pemanasan global. Selain itu, adanya emisi metana dari tambang batu bara juga memengaruhi iklim dunia melalui efek rumah kaca.

4. Ancaman Terhadap Keanekaragaman Hayati

Perubahan bentang alam dan penurunan kualitas lingkungan juga mengancam keberagaman hayati di daerah-daerah yang terkena dampak tambang batu bara.

Meskipun penambangan batu bara memberikan lapangan pekerjaan dan pendapatan bagi banyak orang, penting bagi kita untuk mencari solusi inovatif yang dapat mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan.

BACA JUGA:9 Manfaat Daun Pandan untuk Wanita, Mulai dari Kecantikan Hingga Kesehatan

Alternatif energi yang lebih ramah lingkungan dan upaya pengelolaan yang berkelanjutan harus diperhatikan untuk menjaga keseimbangan antara kebutuhan energi dan perlindungan lingkungan.

Sementara itu, industri pertambangan sering dipandang menjadi sektor yang menggiurkan untuk menghasilkan banyak uang. Pasalnya, gaji di sektor pertambangan terbilang tinggi dibanding industri lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: