Iklan dempo dalam berita

Punya Cadangan Harta Karun Melimpah, 3 Kabupaten Ini Kuasai Pertambangan Batu Bara di Riau

Punya Cadangan Harta Karun Melimpah, 3 Kabupaten Ini Kuasai Pertambangan Batu Bara di Riau

Harta karun batu bara di Riau--

Salah satu hasil tambang yang banyak di Indonesia adalah batu bara. Tingginya nilai dan kebutuhan akan batu bara membuat perusahaan mampu membayar gaji tinggi ke para pekerjanya.

BACA JUGA:Bersaing, Rohidin Mersyah dan Rosjonsyah Incar Kursi Parpol Ini untuk Pilgub

Lalu, bagaimana dengan prospek kerja dan jenjang karier di sektor pertambangan batu bara?

Berikut beberapa jenis pilihan karier dengan tugas dan risiko yang beragam.

1. Teknisi atau operator
Teknisi atau operator dibutuhkan untuk mengoperasikan alat berat yang digunakan untuk kegiatan pertambangan batu bara. Teknisi atau operator harus memahami seluruh prosedur eskavasi supaya penggalian tambang bisa berjalan baik.

BACA JUGA:Aksi May Day, Gabungan Mahasiswa dan Buruh Sampaikan 5 Tuntutan Kesejahteraan Buruh

2. Insinyur pertambangan
Insinyur pertambangan batu bara bertugas mengembangkan model pembangunan dan akses saat menambang. Insinyur pertambangan juga bertugas merencanakan dan mengawasi fasilitas tambang yang dipakai.

3. Ahli keuangan
Pada industri tambang batu bara, ahli keuangan juga sangat vital keberadaannya. Ahli keuangan bertugas untuk menjaga agar perusahaan tidak mengalami kerugian finansial. Ahli keuangan bertugas mengelola dan mengawasi arus keuangan perusahaan agar terkendali dengan baik.

BACA JUGA:Lakukan Secara Rutin! Ini 8 Manfaat Mandi Air Daun Pandan, Penderita Nomor 5 dan 8 Bisa Coba

4. Ahli pemasaran
Ahli pemasaran juga dibutuhkan untuk mendukung kegiatan pertambangan. Ahli pemasaran bertugas menjaga hubungan baik dengan klien, sehingga menguntungkan perusahaan.

5. Ahli lingkungan
Posisi-posisi ahli lingkungan berguna pada sektor pertambangan untuk melihat dan mengawasi potensi akibat aktivitas pertambangan.

Adapun untuk gaji tambang batu bara di Indonesia sangat beragam tergantung perusahaan, level, posisi, hingga lokasi tempat kerja. Pekerjaan di sektor pertambangan juga dikenal memiliki risiko kerja yang tinggi.

Hal yang harus dipertimbangkan sebelum melamar pekerjaan di sektor pertambangan adalah keamanan dan keselamatan dalam bekerja. Lantas, berapa gaji tambang batu bara di Indonesia?

BACA JUGA:Saksikan Konser Jamrud Besok! Ingat, Ini Barang-barang yang Dilarang Dibawa Penonton

Gaji tambang batu bara di Indonesia sangat bervariasi, yakni mulai dari Rp 4.063.062 hingga Rp 18.073.728 per bulan pada 2022. Karyawan dengan masa kerja minimal lima tahun bisa mendapat gaji sebesar Rp 4.799.397 sampai Rp 13.103.167 per bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: