Iklan dempo dalam berita

Kalimantan Utara Dikepung Segudang Harta Karun Batu Bara, Miliki Cadangan 919,4 Juta Ton

Kalimantan Utara Dikepung Segudang Harta Karun Batu Bara, Miliki Cadangan 919,4 Juta Ton

Harta karun batu bara di Kalimantan Utara--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Kalimantan Utara dikepung segudang harta karun batu bara, memiliki cadangan 919,4 juta ton.

Indonesia Mining Assoiation (IMA) membeberkan bahwa Indonesia terhitung memiliki total sumber daya dan cadangan batu bara yang cukup berlimpah. Tak tanggung-tanggung, bahan baku energi ini ternyata usianya bisa mencapai 500 tahun.

BACA JUGA:3 Daerah di Riau Simpan Harta Karun Batu Bara Melimpah, Pernah Sumbang PNBP Rp120 Miliar

Salah satu penyumbang sumber daya alam berupa batu bara adalah Kalimantan Utara. Secara administratif Provinsi Kalimantan Utara berbatasan dengan negara Malaysia tepatnya dengan negara bagian Sabah dan Serawak, Malaysia. Batas daerah daratan terdapat sekitar 1.038 km garis perbatasan antara Provinsi Kalimantan Utara dengan Negara Malaysia.

Potensi produksi batu bara di Kalimantan Utara masih tergolong besar dangan keterdapatan batu bara yang melimpah. Batu bara merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui sehingga untuk membentuk kandungan batu bara baru diperlukan waktu beribu bahkan berjuta tahun sebagai bagian dari fenomena semesta alam.

Kalimantan Utara memiliki cadangan Batu bara 919,4 juta ton. Perusahaan tambang batu bara yang beroperasi di Provinsi Kalimantan Utara mencapai 37 perusahaan. Dan yang paling banyak beroperasi di Kalimantan Utara  adalah perusahaan yang berstatus KP/IUP (Kuasa Pertambangan dan Ijin Usaha Pertambangan) dengan jumlah perusahaan sebanyak 32 perusahaan, lainnya berstatus PKP2B (Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batu bara) sebanyak 3 perusahaan dan 3 perusahaan lainnya berstatus PMA (Penanaman Modal Asing).

BACA JUGA:7 Perusahaan Tambang Raksasa Penggarap Harta Karun Batu Bara di Indonesia

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalimantan Utara mencatat cadangan batu bara yang terbukti dan terdata, sebesar 919,4 juta ton. Angka ini bersumber dari dokumen Rencana Kerja dan Anggaran Belanja (RKAB) milik 30 perusahaan batu bara di Kaltara.

Dengan rata-rata produksi batu bara berkisar 10 juta ton per tahun, maka umur cadangan batu bara di Kaltara tinggal berusia 47 tahun.

Namun ini dengan asumsi tidak ada temuan cadangan batu bara baru. Pemerintah daerah nampaknya harus serius memikirkan nasib Kaltara puluhan tahun mendatang. 

Utamanya ketika batu bara tidak lagi bisa diandalkan. Mengingat komoditas emas hitam tersebut mendominasi penerimaan daerah, kinerja ekspor, hingga struktur perekonomian saat ini.

BACA JUGA:Jawa Barat Punya Simpanan Harta Karun Batu Bara Saingi Kalimantan? Terletak di 3 Lokasi

Batu bara adalah batuan organic yang mempunyai sifat kimia dan sifat fisika. Sifat-sifat tersebut sangat kompleks. Selain itu, dapat ditemui dalam berbagai bentuk. Berikut ini manfaat batu bara:

1. Manfaat Batu Bara dalam Kehidupan sehari-hari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: