Iklan dempo dalam berita

Ini Kabupaten di Sulawesi Tengah yang Simpan Harta Karun Batu Bara, Sumber Daya dan Cadangan Melimpah

Ini Kabupaten di Sulawesi Tengah yang Simpan Harta Karun Batu Bara, Sumber Daya dan Cadangan Melimpah

Harta karun batu bara di Sulawesi Tengah--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini Kabupaten di Sulawesi Tengah yang simpan harta karun batu bara, sumber daya dan cadangan melimpah.

Indonesia Mining Assoiation (IMA) membeberkan bahwa Indonesia terhitung memiliki total sumber daya dan cadangan batu bara yang cukup berlimpah. Tak tanggung-tanggung, bahan baku energi ini ternyata usianya bisa mencapai 500 tahun.

Ketua Umum IMA Rachmat Makkasau mencatat, bahwa Indonesia memiliki total sumber daya dan cadangan batu bara hingga 134,24 miliar ton batu bara yang apabila digunakan sendiri dalam negeri dengan asumsi 250 juta ton per tahun, maka umur cadangan batu bara RI bisa bertahan hingga 500 tahun lamanya.

BACA JUGA:Xiaomi 15 Bakal Segera Rilis, Ini Bocoran Spesifikasi Lengkapnya

Sulawesi Tengah merupakan salah satu daerah penghasil batu bara yang penting. Potensi mineral batu bara di Sulawesi Tengah menjadi salah satu faktor utama dalam industri pertambangan di wilayah tersebut, selain dari pertambangan nikel yang sudah ada dan telah diolah saat ini.

Potensi mineral batu bara di Sulawesi Tengah tersebar di beberapa kabupaten, di antaranya Kabupaten Sigi, terutama di Desa Lembantongoa, Kecamatan Palolo.

Menurut hasil analisa laboratorium PT Sucofindo, daerah tersebut memiliki "Brown coal" dengan ketebalan lebih dari 100 meter, yang tersebar di areal seluas 800 hektare.

BACA JUGA:Dilirik Banyak Investor, Ini Lokasi Harta Karun Tambang Emas di Sulawesi Selatan, Terbesar di Dunia

Potensi lainnya dapat ditemukan di Kabupaten Morowali, khususnya di Desa Tomata, Kecamatan Petasia, yang memiliki lapisan batu bara dengan ketebalan antara 0,3 hingga 1,0 meter, terletak di tanah gambut, lignit, dan memiliki potensi "Brown coal".

Di Kabupaten Donggala, khususnya di Desa Toaya, Kecamatan Sindue, batu bara ditemukan dengan ketebalan sekitar 0,35 meter, menempati areal sekitar 15 hektare, dan memiliki nilai kalori sekitar 4.130 kkal.

Selanjutnya, di Kabupaten Banggai Kepulauan, di daerah Tatarandang, Kecamatan Bulagi, batu bara ditemukan dengan ketebalan sekitar 1,5 meter, dan memiliki kadar kalori sekitar 5.600 kkal.

BACA JUGA:5 Tempat Pesugihan Paling Terkenal di Jawa, Alas Purwo Banyuwangi Infonya Tempat Asli Film KKN di Desa Penari

Selain itu, di daerah Paisubatu dan Lalengan, Kecamatan Buko, batu bara ditemukan dengan lapisan antara 20 centimeter hingga dua meter, dan memiliki nilai kalori sekitar 5.700 kkal.

Di Kabupaten Buol, di Desa Lamadong, Kecamatan Leok, ditemukan sisipan batu bara pada perlapisan breksi/tufa vulkanik, dengan ketebalan bervariasi sekitar satu meter hingga dua meter, dan memiliki kadar di bawah 4.500 kkal, menempati luasan di bawah 250 hektare.

BACA JUGA:Sulawesi Tengah Penghasil Harta Karun Berupa Emas Sekitar 2,32%, di Sini Lokasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: