Iklan dempo dalam berita

Ini 5 Daerah Penghasil Harta Karun Tambang Nikel Terbesar di Indonesia, Sulawesi Terdepan

Ini 5 Daerah Penghasil Harta Karun Tambang Nikel Terbesar di Indonesia, Sulawesi Terdepan

Daerah penghasil harta karun tambang nikel terbesar di Indonesia--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini 5 daerah penghasil harta karun tambang nikel terbesar di Indonesia, Sulawesi terdepan.

Indonesia memiliki wilayah tambang nikel yang sangat luas, dan cadangannya yang melimpah. Sehingga, tidak heran bila Indonesia menjadi negara dengan cadangan dan produksi nikel terbesar di dunia.

Berdasarkan data Badan Geologi Kementerian ESDM, dari 2,67 juta ton produksi nikel di seluruh dunia pada 2019, ternyata Indonesia sudah memproduksi 800.000 ton.

Bahkan, jumlah itu jauh mengungguli Filipina (420.000 ton Ni), Rusia (270.000 ton Ni), dan Kaledonia Baru (220.000 ton Ni).

BACA JUGA:Anabul Penghasil Cuan! Ini Ciri-ciri Pesugihan Kucing dan Pembawa Hoki

Nikel sendiri adalah komoditas tambang mineral berharga di pasar global yang digunakan untuk memproduksi stainless steel, baterai ataupun bahan baku berbagai industri.

Nikel merupakan salah satu hasil tambang bumi yang banyak digunakan di berbagai sektor kehidupan.

Di Indonesia, berbagai perusahaan tambang juga banyak menggali dan mengolah nikel. Banyaknya penambang nikel seiring dengan kebutuhan nikel yang meningkat setiap tahun.

Sebenarnya, nikel adalah hasil tambang bumi yang sangat penting dan memiliki kegunaan di berbagai sektor, termasuk industri, kesehatan, dan pengobatan.

BACA JUGA:Tambang Bauksit, Harta Karun Indonesia yang Hasilkan 21 Juta Metrik Ton, Ini Daerahnya

5 Daerah Penghasil Harta Karun Tambang Nikel Terbesar di Indonesia

Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tahun 2020 total neraca sumber daya bijih nikel Indonesia mencapai 11.88 miliar ton. Adapun, total sumber daya logam nikel sebesar 174 juta ton.

Cadangan nikel di Indonesia banyak berada di Indonesia bagian Tengah dan Timur. Jadi, 90 persen cadangan nikel tersebar di wilayah Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara dan Papua.
 
Jadi, penghasil nikel terbesar di Indonesia paling banyak di Sulawesi dengan cadangan nikel yakni sebesar 2,6 miliar ton bijih.

Kemudian, disusul dengan wilayah Maluku 1,4 miliar ton bijih dan wilayah Papua dengan cadangan nikel sebesar 60 juta ton bijih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: