Iklan dempo dalam berita

Gak Nyangka! Papua Simpan Harta Karun Uranium, Segini Cadangannya Bisa Bikin Kaya Raya

Gak Nyangka! Papua Simpan Harta Karun Uranium, Segini Cadangannya Bisa Bikin Kaya Raya

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Gak nyangka! Papua simpan harta karun uranium, segini cadangannya bisa bikin kaya raya.

Papua menjadi salah satu daerah yang diduga menyimpan banyak harta karun uranium di dalamnya. Hal ini dikarenakan secara geologi wilayah Papua tanahnya terbentuk dari batuan beku ultrabasa yang berusia 600 juta tahun. Mineral uranium biasanya terkandung dalam batuan jenis ini. 

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) meyakini kandungan uranium sebagai bahan baku pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) melimpah di Papua.  

BACA JUGA:Peta Persebaran Harta Karun Uranium di Indonesia, 4 Daerah Ini Simpan Cadangan Uranium

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Riset dan Teknologi Bahan Galian Nuklir BRIN mengatakan bahwa kondisi itu berhubungan dengan geografis Papua di masa lalu.

Saat ini, cadangan uranium terbesar di dunia adalah Australia. Sementara itu, Papua memiliki kedekatan secara geografis dengan benua tersebut, bahkan keduanya sempat menyatu.

“Yang paling besar memang di Australia, ini mungkin karena kita punya sejarah Australia dengan Papua ini dulunya satu. Jadi di utara [Australia/Papua Barat] ini kira uranium, saya kira di Papua juga kaya,” katanya saat webinar.

BACA JUGA:Mitos Pesugihan Gunung Bentang Sukabumi, Cara Instan untuk Cepat Kaya, Apakah Aman

Kendati penghasil uranium terbesar terdapat adalah Australia, produsen terbesar uranium adalah Kazakhstan, diikuti Kanada.

“Tapi kita belum melakukan eksplorasi mendalam di Papua,” katanya. 

Sementara itu, sumber daya uranium yang telah diestimasi di Indonesia mencapai 89.000 ton uranium (tU3O8) dan sumberdaya thorium mencapai 143.234 ton (tTh). 

Pada sisi lain dia menyebutkan bahwa pemanasan global yang terjadi saat ini berpeluang besar untuk mengganti pembangkit listrik berbahan dasar fosil menjadi energi nuklir. 

BACA JUGA:Pernah Mengalami Hal Seperti Ini, Katanya Tanda Rumah Kena Guna-guna, Begini Cara Mengatasinya

Yurianto menyebut energi nuklir diketahui tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca maupun polutan lainnya. Sehingga tentu saja ke depan saya kira mineral radioaktif ini akan menjadi sangat prospek untuk dikembangkan baik di dunia maupun Indonesia .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: