Iklan dempo dalam berita

Ini Daerah Tambang Emas di Martabe Sumatera Utara yang Juga Punya Potensi Harta Karun Perak

Ini Daerah Tambang Emas di Martabe Sumatera Utara yang Juga Punya Potensi Harta Karun Perak

Ini Daerah Tambang Emas di Martabe Sumatera Utara--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMIndonesia, sebagai salah satu negara yang kaya akan sumber daya alam, khususnya emas, merupakan salah satu produsen logam mulia paling populer di dunia. Miliki potensi harta karun di balik tambang emas dan perak, ini daerah tambang emas dan perak di Martabe Sumatera Utara.

BACA JUGA:Miliki Cadangan 2.600 Ton Emas, Ini Peta Lokasi Tambang Emas Sulawesi Utara

Emas memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai perhiasan, bahan pembuatan produk elektronik, komponen kendaraan, maupun instrumen investasi.

Salah satu lokasi yang terkenal dengan kandungan emasnya adalah Tambang Emas Martabe di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. 

Pada tahun 2022, Tambang Martabe berhasil memproduksi emas sebanyak 280.000 ons. Selain emas, tambang ini juga menghasilkan perak, tembaga, dan enam jenis deposit mineral emas lainnya yang telah terdefinisi.

BACA JUGA:Diprediksi Produksi Perdana Awal 2026, Waw! Segini Potensi Harta Karun Emas Tersimpan di Gorontalo

Proses industri tambang emas di Martabe dilakukan melalui tahapan pengolahan batuan dengan kandungan emas. 

Proses ini meliputi penggerusan dan penimbunan bijih emas untuk memperoleh kandungan emas murni pada akhirnya.

PT Agincourt Resources (PTAR) adalah perusahaan yang memegang izin usaha eksplorasi dan pengolahan emas di Martabe. Perusahaan ini adalah salah satu perusahaan tambang Indonesia yang memiliki kebijakan mendukung usaha lokal. 

BACA JUGA:Mampu Sumbangkan 2,32 Persen Cadangan Emas, Ini Tambang Emas Terbesar di Sulawesi Tengah

Hal ini tercermin dalam kecenderungan PTAR untuk memilih pemasok dan kontraktor dari dalam negeri dalam pembelian barang dan jasa. 

Meskipun kegiatan pertambangan emas penting untuk kehidupan manusia, dampaknya terhadap lingkungan harus diperhitungkan secara serius. 

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah mengambil langkah penting dengan mendorong perusahaan pertambangan untuk menerapkan praktik keberlanjutan dan transparansi melalui Initiative for Responsible Mining Assurance (IRMA).

BACA JUGA:Daftar Tambang Emas Terbesar di Sulawesi, Sulawesi Utara Menjuarai dengan Hasil 48 Ton Per Tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: