Iklan dempo dalam berita

Waw! Ternyata Ini Desa di Kalimantan Tengah yang Punya Cadangan Harta Karun Emas 40 Juta Ton

Waw! Ternyata Ini Desa di Kalimantan Tengah yang Punya Cadangan Harta Karun Emas 40 Juta Ton

Harta karun emas di Kalimantan Tengah--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Waw! ternyata ini desa di Kalimantan Tengah yang punya cadangan harta karun emas 40 juta ton.

Siapa yang tidak tahu jika Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa, dan tambang emas adalah salah satu contohnya.

Di Kalimantan Tengah, terdapat sebuah desa yang memiliki cadangan harta karun emas yang sangat mengesankan. Desa ini dikenal sebagai Desa Pujon dan terletak sekitar 190 kilometer dari Kota Palangkaraya.

BACA JUGA:Disebut Punya Deposit Emas, Ini Daerah Penghasil Harta Karun Emas di Sulawesi Tengah

Di desa ini, mayoritas penduduknya mencari nafkah utama melalui kegiatan penambangan emas. Bahkan, hampir 99% penduduknya terlibat dalam aktivitas penambangan ini.

Meskipun potensi cadangan emas di wilayah Pujon diperkirakan mencapai angka yang mencengangkan, yaitu sekitar 40 juta ton, kegiatan penambangan emas di des aini masih berlangsung secara intensif.

Desa Pujon telah menjadi pusat perhatian karena keberhasilannya dalam mengelola sumber daya alam ini.

Keberhasilan mereka dalam dunia petambangan emas bisa dilihat dari penduduknya memiliki kendaraan pribadi seperti mobil atau setidaknya dua hingga tiga sepeda motor, yang menunjukkan tingkat kemakmuran yang tinggi.

BACA JUGA:3 Weton yang Diprediksi Menemukan Harta Karun Keberuntungan di Tahun 2024, Kamu Termasuk?

Selain Desa Pujon, ada juga daerah lain di Indonesia yang memiliki potensi emas. Beberapa di antaranya termasuk Kalimantan Tengah dengan sumber daya bijih sekitar 5 miliar ton dan cadangan bijih sekitar 506,9 juta ton.

Jadi, memang benar jika Indonesia merupakan lumbungnya harta karun emas.
Sementara itu, berkaca pada kekayaan alam Indonesia, berdasarkan data Kementerian ESDM tahun 2020 lalu, Indonesia memiliki sumber daya bijih emas mencapai 14,96 miliar ton, sumber daya logam emas 0,01 juta ton, cadangan bijih emas 3,56 miliar ton, dan cadangan logam emas 0,005 juta ton.

Tidak hanya Kalimantan, Nusa Tenggara juga tercatat sebagai daerah yang memiliki sumber daya bijih emas terbesar di Indonesia dengan potensi mencapai 5 miliar ton emas.

BACA JUGA:3 Weton yang Diprediksi Menemukan Harta Karun Keberuntungan di Tahun 2024, Kamu Termasuk?

Berikut ini rangkuman daerah-daerah di Indonesia yang kaya emas beserta penggalinya, berdasarkan data dari Kementerian ESDM. Berikut daftarnya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: