Iklan dempo dalam berita

Gelar Sarjana Tidak Menjamin, Ini Alasan Kenapa Banyak Orang Sukses yang Tidak Lulus Kuliah

Gelar Sarjana  Tidak Menjamin, Ini Alasan Kenapa Banyak Orang Sukses yang Tidak Lulus Kuliah

Kenapa ada orang sukses tapi tidak lulus kuliah?--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Gelar sarjana  tidak menjamin, ini alasan kenapa banyak orang sukses yang tidak lulus kuliah.

Beberapa bulan belakangan ini sempat eksis pembahasan tentang "apakah kuliah itu penting?"  dan pertanyaan "apakah kuliah dapat menjamin kesuksesan seseorang?". Tentunya pembahasan seperti ini memiliki pro dan kontranya masing-masing. 

Pihak kontra menyatakan bahwa kuliah tidak menjamin kesuksesan seseorang, hal ini mereka sampaikan dengan alasan banyaknya pengangguran bergelar sarjana, banyak sarjana tidak menguasai bidang keilmuannya, dan juga para sarjana tidak memiliki skill pendukung tambahan.

BACA JUGA:Salah Satunya Incaran Kamu! Ini Daftar Universitas di Luar Negeri Favorite Orang Indonesia

Namun, fenomena yang menarik adalah bahwa ada banyak contoh tokoh sukses yang tidak pernah menamatkan pendidikan tinggi mereka. 

Dari pengusaha sukses hingga tokoh kreatif, banyak yang memilih jalan yang berbeda untuk mencapai kesuksesan mereka. 

Deddy Corbuzier pernah menulis sebuah buku bersama Erik Ten Have yang berjudul Millenial Power. Tidak tanggung-tanggung, di dalam bukunya ini, mereka berdua menuliskan bahwa kuliah dapat menjamin kesuksesan adalah hal terbodoh yang pernah mereka dengar. 

BACA JUGA:Syarat dan Cara Pinjam KUR BSI 2024, Simak Tabel Angsuran Terbaru Pinjaman Rp 20-50 Juta

Setidaknya terdapat beberapa poin yang mereka jadikan alasan kenapa kuliah itu tidak penting, seperti kuliah sudah ketinggalan zaman, biaya kuliah yang mahal, faktor salah jurusan, dan ketidakadaan garansi sukses di dalam perkuliahan tersebut (Corbuzier dan Have 2019, 37-45).

Masih di dalam buku yang sama, Deddy Corbuzier menuliskan juga bahwa sekolah tetaplah penting. 

Karena di dalamnya seseorang dapat mempelajari tentang kepemimpinan, berbagai project seru bersama teman-teman, kemampuan presentasi, dan soft skill lainnya, yang jauh lebih penting dibandingkan hanya berfokus pada kurikulum yang tidak relevan dengan kehidupan nyata (Corbuzier dan Have 2019, 48). 

BACA JUGA:Lagu ‘Ai’ Doel Sumbang Kembali Viral, Siapa Nama Asli Doel Sumbang? Kenapa Ada Kata Sumbang?

Perlu digarisbawahi juga, ketika kita mendengar mengenai kesuksesan seseorang yang tidak pernah kuliah, atau bahkan tidak pernah sekolah sekali pun.

Maka yang perlu kita teladani adalah bagaimana semangat dan kerja keras orang itu dalam meraih kesuksesannya. Jangan malah berfokus pada kalimat tidak kuliah dan tidak sekolah, dan menjadikan hal tersebut hanya untuk menutupi sifat malas yang ada di dalam diri kita (Corbuzier dan Have 2019, 47).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: