Iklan dempo dalam berita

Sulawesi Utara Kaya Raya Punya 13 Perusahaan Tambang Emas, Ini Titik Lokasinya

Sulawesi Utara Kaya Raya Punya 13 Perusahaan Tambang Emas, Ini Titik Lokasinya

Perusahaan tambang di Sulawesi Utara--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Sulawesi Utara kaya raya punya 13 perusahaan tambang emas, ini titik lokasinya.

Sulawesi Utara, merupakan salah satu daerah yang menjadi surganya harta karun berupa emas ini. Terdapat lima perusahaan yang memegang kontrak karya dari pemerintah pusat. 

BACA JUGA:Pasukan Elit Berbaret Merah, Tertarik? Ini Syarat dan Cara Menjadi Anggota Kopassus

Kelima perusahaan itu adalah PT J Resources Bolaang Mongondow, PT Meares Soputan Mining, PT Tambang Tondano Nusajaya, PT Gorontalo Sejahtera Mining, dan PT Tambang Mas Sangihe. 

Selain lima perusahaan tersebut, terdapat 13 perusahaan yang mengantongi IUP logam emas. Data ESDM Sulut, total luas lahan yang digarap ke 13 perusahaan tersebut adalah 18.737,93 hektare.

Perusahaan tersebut tersebar di empat Kabupaten, yakni Kabupaten Minahasa Tenggara, Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Timur dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Terbanyak di Mitra yakni lima perusahaan. Kemudian Bolmong dan Boltim, masing masing tiga perusahaan. Dan Minsel dua perusahaan. 

Pertambangan emas di Sulawesi Utara mempunyai potensi sebesar 51,1 juta ton yang tersebar di wilayah Minahasa Tenggara, Minahasa Utara, Minahasa Selatan dan Bolmong Raya. 

BACA JUGA:Kaya Raya, Ini Peta Titik Tambang Emas Sulawesi Tengah, Mampu Sumbangkan 2,32 Persen Cadangan Emas

Sementara itu, merangkum dari berbagai sumber, Sulawesi tercatat memiliki potensi sumber daya alam di sejumlah sektor seperti bahan galian, gas, minyak bumi, hasil kelautan, pertanian, hingga perkebunan.

Sumber daya alam di Sulawesi tersebar di enam provinsi. Masing-masing provinsi memiliki komoditi unggulan yang menjadi andalan pendapatan daerah salah satunya tambang emas.

Berikut adalah daftar beberapa perusahaan tambang emas terbesar di Sulawesi:

1. Minahasa Utara, Sulawesi Utara

Tambang emas Toka Tindung terletak di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Tambang emas ini merupakan salah satu wilayah operasi pertambangan emas terbesar di kawasan Asia Tenggara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: