Iklan dempo dalam berita

Ternyata Gunung di Jawa Tengah Ini Simpan Harta Karun Emas! Ini Titik Lokasinya

Ternyata Gunung di Jawa Tengah Ini Simpan Harta Karun Emas! Ini Titik Lokasinya

Gunung di Jawa Tengah yang menyimpan harta karun emas--

Selain faktor alam, kerusakan lingkungan juga disebabkan ulah manusia yang membangun perumahan di sekitar sungai dan membuang sampah sembarangan.

Selain emas, harta karun lainnya yang berhasil ditemukan berupa koin emas, cincin tembaga, dan aneka perabot logam. Pada 2004 hingga 2005 lalu, warga menemukan prasasti yang diketahui berasal dari tahun 612 M yang merupakan zaman Hindu Kuno.

Harta karun yang ditemukan berupa koin emas, cincin tembaga, hingga sendok garpu kuning. Semua harta karyun tersebut juga ditemukan di Sungai Mbanjar yang berhulu di gunung Jawa Tengah.

Penemuan harta karun ini hanya sebagian kecil saja karena diperkirakan masih banyak yang terpendam di ketiga gunung di Jawa Tengah tersebut. Sementara itu, pada 2004 silam, harta karun juga ditemukan di lereng Gunung Merbabu.

BACA JUGA:Benarkah Gunung Padang Menyimpan Harta Karun Emas Seberat 3 Ton atau hanya Kujang?

Harta karun ini berupa pepunden atau prasasti yang ditemukan oleh warga di kawasan Rawa Pening, tepatnya di Dusun Ngreco, Desa Kesongo, Kecamtan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Penemunya bernama Siswanto yang merupakan seorang pelukis.

Siswanto menemukan prasasti yang bentuknya mirip dengan pepunden Cianten. Singkat cerita, pepunden ini disita oleh Museum Ronggowarsito dan Siswanto diberi imbalan sebesar Rp400.000 dari pihak museum.

Berdasarkan keterangan dari pihak museum, ada dua macam prasasti di Indonesia yang berbentuk sejenis dan salah satunya ditemukan oleh Siswanto. Prasasti lainnya yang juga berada di lereng Gunung Merapi adalah prasasti Watu Telu.

Sementara itu, keberadaan tambang emas di Provinsi Jawa Tengah belakangan ini tengah menjadi sorotan.

BACA JUGA:Ngeri! Ini yang Terjadi jika Sabdo Palon Nagih Janji? Diramal Bakal Terjadi pada Abad 20

Salah satunya adalah Kabupaten Banyumas, di mana terdapat sejumlah daerah yang memiliki tambang emas rakyat seperti di Desa Pancurendang, Ajibarang. 

Tambang emas di Banyumas itu tergolong ilegal, karena tidak ada izin dari Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jateng, meski sudah ada aktivitasnya sejak 2014.

Berikut sejumlah daerah di Jawa Tengah yang berpotensi menjadi penghasil emas:

1. Banyumas

Kabupaten Banyumas menjadi salah satu daerah yang berpotensi menjadi penghasil emas di Jawa Tengah (Jateng). Di kabupaten ini terdapat banyak tambang emas yang berstatus milik rakyat atau belum dikelola secara profesional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: